nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

250 Petugas Berjibaku Padamkan Api di Gunung Arjuno

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 01:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 519 2116915 250-petugas-berjibaku-padamkan-api-di-gunung-arjuno-AWXbODM77j.jpg Kebakaran Gunung Arjuno bisa dikendalikan (Foto : BPBD Jawa Timur)

MALANG - Sebanyak 250 petugas gabungan dikerahkan untuk memadamkan api di lahan hutan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, Gunung Arjuno yang terbakar. Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD provinsi dan kabupaten, Petugas Tahura R. Soerjo, serta relawan.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung yang memimpin apel siaga pasukan pada Senin mengatakan kesiapan tim yang dibentuk jajarannya. "Terpenting bagaimana petugas tetap memprioritaskan keselamatan dalam pemadaman api," ujar Yade Setiawan Ujung usai ditemui di Malang, Senin (14/10/2019).

Kebakaran di Gunung Arjuno (Foto: BPBD Jawa Timur)

Ia menambahkan petugas telah melakukan berbagai usaha untuk memadamkan api salah satunya dengan melakukan penyekatan untuk meminimalisir penyebaran titik api.

"Kemarin sudah dicek ternyata ada dua lokasi, di Pasuruan dan Kabupaten Malang. Jadi kami bersama Forkompida Pasuruan kordinasi juga karena titik terluas di wilayah Pasuruan," ungkapnya.

Yade memastikan titik api yang sebelumnya sempat menyebar di wilayah Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, diidentifikasikan telah padam pada Senin pagi. "Informasinya sudah padam di Tawangargo tapi kami masih cek dan pantau terus titik api di sana," bebernya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi mengungkapkan sejumlah titik api yang ada di 3 lokasi dinyatakan telah berkurang.

"Sejauh ini dari pemantauan petugas sudah berkurang. Kami tinggal memantau bara api dari bawah yang menimbulkan sisa asapnya," tutur pria yang disapa Yudi ini.

Baca Juga : Tim Densus 88 Geledah Kontrakan Terduga Teroris di Kompleks Mewah

Sebelumnya titik api diketahui membakar kawasan Gunung Arjuno pada Kamis petang. Bahkan titik api sempat membesar dan menyebar di tiga titik yakni Tawangargo, Malang, Blok Sawahan Lereng Gunung Ringgit, dan Blok Gumanda di wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Nyala api pun sempat membumbung tinggi dan dapat terlihat jelas dari Malang dan Kota Batu pada Jumat malam 11 Oktober 2019.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini