nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Utara Ancam Hancurkan Resor Gunung Kumgang Milik Korsel

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 17:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 18 2130322 korea-utara-ancam-hancurkan-resor-gunung-kumgang-milik-korsel-el0JinqgvQ.jpg Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi resor wisata di Gunung Kumgang pada Oktober 2019. (Foto/KNCA/Reuters)

SEOUL - Korea Utara mengatakan telah mengirim Korea Selatan sebuah "ultimatum" mengenai resor wisata Gunung Kumgang, jika Korea Selatan bersikeras berdialog tentang masalah tersebut.

Korea Selatan telah mengusulkan pembicaraan dengan Korea Utara untuk menangani fasilitasnya di resor itu. Resor itu adalah contoh kerja sama yang jarang terjadi antara kedua Korea

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada bulan lalu mengatakan bahwa dia ingin resor dipindahkan imbas hubungan antar-Korea yang dingin.

Korea Utara mengatakan mereka ingin membahas penghapusan "dengan menulis", bukan dengan pembicaraan, tetapi Korea Selatan, saat mengusulkan pembicaraan, mengatakan mereka akan mencari "solusi kreatif" dan menjadikan perlindungan aset Korea Selatan sebagai prioritas.

"Pada 11 November kami mengirim ultimatum, memperingatkan bahwa jika pihak berwenang Korea Selatan bertahan dalam pernyataan tidak berguna mereka, kami akan mengambil langkah tegas untuk secara sepihak merobohkan fasilitas," isi berita resmi KCNA Korea Utara.

Baca juga: Korea Selatan Usir Dua Pria Korea Utara Atas Pembunuhan 16 Nelayan

Baca juga: Kim Jong-un Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ibunda Presiden Korea Selatan

Wakil juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Kim Eun-han mengatakan Seoul akan tenang menanggapi masalah ini "sejalan dengan posisi yang konsisten bahwa kedua Korea harus menghadapinya melalui kesepakatan bersama".

Dia tidak merinci apa yang akan dilakukan Korea Selatan jika Korea Utara menghapus fasilitas Gunung Kumgang.

Gunung Kumgang berada di pantai timur Korea Utara, tepat di luar zona demiliterisasi yang memisahkan kedua negara. Itu adalah salah satu dari dua proyek ekonomi utama antar-Korea, bersama dengan zona industri Kaesong, dan sebuah tanda penting pemulihan hubungan selama beberapa dekade permusuhan setelah Perang Korea 1950-53.

Kim Jong Un menyebut fasilitas yang dibangun oleh Korea Selatan, yang sekarang berusia lebih dari satu dekade, "lusuh" dan "kapitalis" dan memerintahkan pembangunan kembali tempat wisata modern, KCNA melaporkan pada bulan Oktober.

Tidak ada tur Korea Selatan ke Gunung Kumgang sejak 2008, ketika seorang turis Korea Selatan ditembak oleh seorang tentara Korea Utara, meskipun ada beberapa peristiwa yang jarang terjadi seperti reuni keluarga dari kedua belah pihak yang dipisahkan oleh perang.

KCNA mengatakan pada hari Jumat, Kim Jong Un memeriksa situs pembangunan lagi resor wisata Sumber Air Panas Yangdok, salah satu proyek kesayangannya saat ia fokus membangun pariwisata sebagai sumber pendapatan yang tidak dihalangi oleh sanksi internasional.

Sebuah foto di surat kabar pemerintah Rodong Sinmun menunjukkan Kim berpose dengan kerah kemejanya terbuka di depan fasilitas yang meliputi genangan air, pagoda, dan bangunan lainnya. 

Ini adalah kunjungan keempat yang dipublikasikan ke Yangdok tahun ini. Kim Jong Un mengatakan pada akhir Oktober bahwa "menyegarkan dan membangkitkan kembali" untuk mengunjungi resor, yang hampir selesai, dan bahwa itu "sangat kontras dengan daerah wisata Gunung Kumgang". 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini