nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ibunda Presiden Korea Selatan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 15:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 18 2124129 kim-jong-un-sampaikan-belasungkawa-atas-meninggalnya-ibunda-presiden-korea-selatan-2WycU8IQP2.jpg Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjalan bersama Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya ibunda dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, meski hubungan antara kedua negara cenderung mendingin dalam beberapa waktu terkahir. Hal itu diungkapkan oleh kantor kepresidenan Korea Selatan pada Kamis.

Juru Bicara Kepresidenan, Ko Min-jung mengatakan bahwa dalam sebuah pesan yang disampaikan melalui desa perbatasan Panmunjom pada Rabu malam, Kim menyatakan "belasungkawa yang mendalam" dan "penghiburan" atas kehilangan yang dialami Presiden Moon. Demikian diwartakan Reuters, Kamis (31/10/2019).

BACA JUGA: Bersama Kim Jong-un, Presiden Korsel, Moon Jae-in Wujudkan Mimpi Daki Gunung Ikonik Paektu

Ibunda dari Moon Jae-in, Kang Han-ok, meninggal dunia pada Selasa di sebuah rumah sakit di kota pelabuhan Busan. Dia berusia 92 tahun.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengusap air mata saat menghadiri misa pemakaman ibunya di Busan, 31 Oktober 2019. (Foto: Yonhap/AP)

Pesan itu disampaikan Kim Jong-un bahkan ketika hubungan kedua Korea mendingin tahun ini di tengah terhentinya kemajuan pada pembicaraan denuklirisasi antara Pyongyang dan Washington.

Korea Utara telah meningkatkan kritik terhadap Korea Selatan dalam beberapa bulan terakhir karena berlanjutnya latihan militer dengan Amerika Serikat dan pengadopsian senjata teknologi tinggi yang dirancang untuk menangkis ancaman Korea Utara.

BACA JUGA: Kim Jong-un Hadiahkan Sepasang Anjing Khas Korut ke Presiden Korsel

Dalam sinyal terbaru ketegangan hubungan kedua negara, pekan lalu Kim memerintahkan disingkirkannya fasilitas "kumuh" dan "kapitalis" yang dibangun Korea Selatan di resor Gunung Kumgang. Pyongyang menolak tawaran pembicaraan Seoul, mengusulkan agar diskusi dilakukan melalui dokumen.

Ini bukan pertama kalinya Kim memperlihatkan sisi lembutnya terhadap presiden dari Korea Selatan. Pada Juni, dia mengirimkan adik perempuannya untuk memberikan bunga saat janda mantan Presiden Korea Selatan, Kim Dae-jung, yang memprakarsai kebijakan positif dengan Korea Utara, meninggal dunia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini