Kapal Bermuatan 14.600 Domba Terbalik di Perairan Rumania

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 25 November 2019 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 18 2133974 kapal-bermuatan-14-600-domba-terbalik-di-perairan-rumania-AGY1khMNxT.jpg Kapal Queen Hind yang memuat 14.600 domba terbalik di lepas pantai Rumania. (Foto/AFP)

BUKARES - Kapal kargo yang memuat 14.600 domba terblaik di Laut Hitam, di perairan Rumania.

Melansir AFP, Senin (25/11/2019) Kapal Queen Hind menuju Saudi Arabia terbalik karena penyebab yang belum diketahui. Kapal kandas tidak lama setelah meninggalkan pelabuhan Midia Rumania.

Sebanyak 20 awak warga Suriah dan satu warga Lebanon diselamatkan petugas, bersama dengan 32 domba, dua di antaranya ditarik dari air, kata Ana-Maria Stoica, juru bicara layanan penyelamatan.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung ... Kami berharap domba di dalam palka kapal masih hidup," katanya kepada AFP.

Foto/AFP

Tim penyelamat yang didukung oleh militer, polisi dan penyelam berusaha untuk memperbaiki kapal berbendera Palau dan menariknya ke pelabuhan, ujar Stoica.

Baca juga: Chris, Domba yang Terkenal karena Memiliki Bulu Terberat Mati

Asosiasi peternak dan eksportir ternak utama Rumania, Acebop, menyerukan penyelidikan segera.

"Asosiasi kami dikejutkan oleh bencana," kata presiden Acebop Mary Pana dalam sebuah pernyataan. "Jika kita tidak bisa melindungi ternak selama transportasi jarak jauh, kita harus melarang mereka."

Gabriel Paun dari NGO Animals International menuduh bahwa kapal itu kelebihan muatan. Dia menambahkan bahwa Kapal Queen Hind sudah mengalami masalah mesin pada Desember lalu.

"Investigasi harus dibuka tanpa penundaan," katanya kepada AFP.

Rumania, yang bergabung dengan Uni Eeropa pada 2007, adalah salah satu anggotanya yang paling miskin.

Kapal tersebut memuat domba terbesar ketiga di wilayah itu, setelah Inggris dan Spanyol, dan pengekspor utama, terutama ke pasar Timur Tengah.

Aktivis telah melabeli kapal pengangkut ternak—sekitar 100 di antaranya meninggalkan Midia setiap tahun. Mereka mengatakan risiko domba dimasak hidup-hidup di kapal selama bulan-bulan musim panas.

Pada bulan Juli, Vytenis Andriukaitis, yang saat itu menjabat sebagai komisioner Eropa yang bertanggung jawab atas kesehatan dan keamanan pangan, menuntut agar Bucharest menghentikan pengiriman 70.000 domba ke Teluk, dengan alasan kesejahteraan hewan.

Dia telah meminta Komisi Eropa untuk menyelidiki praktik Rumania.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini