Kepala Desa di Bone Ngaku Temukan Harta Karun Soekarno, Warga Heboh

Herman Amiruddin, Okezone · Rabu 27 November 2019 23:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 27 609 2135264 kepala-desa-di-bone-ngaku-temukan-harta-karun-soekarno-warga-heboh-PDhFbiNxPK.jpg Foto: Ist

MAKASSAR - Sudirman, seorang kepala desa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menciptakan kabar bohong atau haox tentang penemuan emas batangan dan koin Soekarno di kebun miliknya.

Kepada warga, Sudirman bercerita penemuan puluhan batang logam mirip emas batangan yang diklaim merupakan harta karun peninggalan Presiden RI pertama Ir Soekarno.

Sudirman mengaku penemuan tersebut karena menerima petunjuk lewat mimpinya. Ciri-ciri logam pada sisi batangannya terdapat gambar Presiden Soekarno.

Sudirman yang merupakan Kepala Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, akhirnya diperiksa polisi terkait kabar bohong tentang penemuan emas batangan dan koin Sukarno miliknya tersebut.

Kasat Intel Polres Bone AKP Surahman yang dikonfirmasi mengatakan penemua koin itu tidak benar dan tidak ada. "Setelah dikroscek kita panggil kepala desanya, minta dilihat barangnya memang betul ada. Tapi itu karang-karangan sudah pasti hoax," kata Surahman Rabu (27/11/2019).

Ilustrasi

Saat dimintai keterangan oleh polisi, Sudirman akhirnya mengakui dia hanya mengarang cerita tersebut karena hendak meningkatkan harga jual tanahnya.

Akhirnya ceritanya itu tersebar dari mulut-mulut hingga membuat heboh warganya sejak Oktober lalu. Karena mengaku menemukan lempengan mirip emas dan koin berlogo Sukarno di kebun miliknya.

"Akhirnya dia mengakui kesalahannya bahwa barang itu titipan dari teman-temannya," ujar Rahman.

Hal itu dilakukan Sudirman, agar harga tanahnya atau lahan kebunnya yang akan dijual mendapat harga tinggi, dan dapat dilirik kolektor.

"Ada tamu kehormatan dari Jakarta, dia cerita lagi soal mimpinya. Puncaknya kemarin itu waktu ada pesta rakyat, agar tamu ini tertarik untuk membeli, ternyata tidak tertarik karena dia melihat ini bukan emas," katanya.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini