nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepemimpinan Perempuan Akan Jadi Salah Satu Fokus Bahasan BDF XII

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 19:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 28 18 2135679 kepemimpinan-perempuan-akan-jadi-salah-satu-fokus-bahasan-bdf-xii-PxgTVqs1Hw.jpg Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI, Cecep Herawan (tengah) dalam temu pers di Jakarta, 28 November 2019. (Foto: Dika/Okezone)

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia akan menggelar Bali Democracy Forum (BDF), sebuah acara tahunan yang menjadi wadah diskusi antar-negara untuk memperkuat kapasitas dan institusi demokrasi. Dalam penyelenggaraannya yang ke-12, BDF XII yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 5-6 Desember 2019 akan mengambil tema “Democracy and Inclusivity” atau Demokrasi dan Inklusivitas.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan, Kemlu RI berusaha mengangkat tema yang relevan dan berkesinambungan dengan tema BDF pada tahun sebelumnya. Hal itu juga berlaku untuk tema BDF XII yang berkaitan dengan tema yang BDF XI, yaitu demokrasi dan kemakmuran (democracy and prosperity).

BACA JUGA: Bali Democracy Forum 2016 Catatkan Rekor Kehadiran Delegasi

“Seiring dengan apa yang kita lihat, kita cerna dalam perkembangan yang terjadi global, kita melihat bahwa salah satu kunci mencapai prosperity (kemakmuran) itu adalah inklusivitas,” kata Cecep kepada media dalam pertemuan pers di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

“Dalam kaitan inilah BDF XII akan mengambil tema “Democracy and Inclusivity”.”

Sehubungan dengan tema inklusivitas ini, dia menambahkan bahwa peran perempuan, sebagai bagian dari masyarakat yang penting, juga menjadi sorotan, dan akan dibahas secara khusus dalam dialog tingkat menteri di BDF XII.

“Secara khusus ada dialog tingkat menteri, kita akan mengangkat tema women leadership (kepemimpinan perempuan), karena ini adalah salah satu elemen penting dalam menjaga inklusivitas satu demokrasi, satu pembangunan yang sifatnya global.”

BACA JUGA: BDF X Resmi Ditutup, Ini Hasilnya

Cecep mengatakan bahwa BDF XII juga akan memiliki beberapa perubahan dari penyelenggaraan di tahun sebelumnya, terutama dalam hal format, yang tahun ini sesi debat umum dan menggantinya dengan forum panel diskusi. Perubahan ini juga akan berpengaruh pada hasil akhir dari BDF yang akan menghasilkan outcome document, bukan pernyataan ketua atau chair statement.

BDF telah diselenggarakan oleh Indonesia sejak 2008 sebagai bentuk komitmennya untuk memajukan demokrasi dan mewujudkan perdamaian dunia. Sejauh ini telah ada 81 negara dan organisasi internasional yang mengonfirmasi akan hadir di BDF XII. Sebanyak enam menteri luar negeri dan enam wakil menteri luar negeri juga telah menyatakan akan hadir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini