Indonesia Jadi Tuan Rumah Bali Democracy Forum Ke-13 Pekan Depan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 04 Desember 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 18 2321765 indonesia-jadi-tuan-rumah-bali-democracy-forum-ke-13-pekan-depan-7p3C4r3beS.jpeg Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI Teuku Faizasyah. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Indonesia kembali akan kemlai menjadi tuan rumah Bali Democracy Forum (BDF) Ke-13 yang dijadwalkan digelar di Nusa Dua, Bali pada 10 Desember 2020. Tahun ini, BDF mengusung tema “Democracy and Covid-19 Pandemic”, sejalan dengan situasi yang tengah dihadapi dunia saat ini.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengatakan, tema BDF Ke-13 ini dirasa tepat mengingat di era pandemi Covid-19 saat ini, demokrasi menjadi salah satu opsi pemerintahan yang menghadapi banyak tantangan.

BACA JUGA: Bali Democracy Forum: Menlu Retno Rangkul Demokrasi Inklusif

“Kesempatan ini adalah bagaimana kita bisa mengaitkan demokrasi dan penanganan Covid itu sendiri,” kata Jubir Faizasyah saat berbicara pada pengarah pers Kemlu RI, Jumat (4/12/2020).

“Kita ingin mendengarkan respon dari negara-negara dan bagaimana mereka mencoba mengatasi tantangan dari Covid dan kembali membangun semua sendi kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi... dan selanjutnya kita ingin melihat ketahanan dari masyarakat dalam menjalankan demokrasi dan mengatasi Covid,” ujarnya.

BDF Ke-13 akan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Jumlah peserta yang dapat masuk ke dalam ruang persidangan akan sangat dibatasi maksimal 50 orang. Mereka juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk uji usap (swab test) di Bali sebelum penyelenggaraan.

BACA JUGA: Kepemimpinan Perempuan Akan Jadi Salah Satu Fokus Bahasan BDF XII

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, BDF Ke-13 ini akan digelar secara hybrid, di mana sebagian peserta akan mengikuti jalannya BDF di Nusa Dua, sementara sebagian lainnya mengikutinya secara virtual. Para peserta adalah perwakilan duta besar dari negara-negara BDF yang berkedudukan di Jakarta, bukan delegasi yang datang dari negara masing-masing.

BDF Ke-13 ini diharapkan dapat menghasilkan usulan kebijakan konkret yang mampu menjawab pertanyaan peserta dalam penanganan dan pemulihan di masa pandemi Covid-19. Rekomendasi itu diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi negara-negara peserta dan dapat menerapkannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini