nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Rumah Makan Ditangkap Setelah Gelapkan 13 Mobil Rental

Kamis 28 November 2019 10:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 28 340 2135404 pengusaha-rumah-makan-ditangkap-setelah-gelapkan-13-mobil-rental-3Q7gUMTyFQ.jpg Ilustrasi penangkapan pelaku penggelapan mobil. (Foto: Shutterstock)

KENDARI – Seorang pengusaha sekaligus pemilik rumah makan ternama di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ditangkap petugas Kepolisian Sektor Mandonga karena melakukan penipuan dan penggelapan mobil rental untuk membayar utang. Tidak tanggung-tanggung, tersangka bernama Suwandi (53) menggelapkan 13 mobil.

Tersangka diamankan bersama barang bukti 13 mobil berbagai merek ternama. Dari hasil penyelidikan polisi, diketahui modus tersangka dengan menyewa mobil di perusahaan rental seharga Rp9 juta per bulan. Tersangka kemudian menggadaikan mobil yang disewa kepada orang lain dengan harga Rp30 juta per unit untuk menutupi utangnya.

Baca juga: Nekat Tabrakkan Motor Curian, Dua Pencuri Ditembak Polisi 

Kepala Kepolisian Resor Kendari AKBP Didik Erfianto mengatakan pengungkapan kasus ini bermula dari laporan korban bernama Muhammad Rifan Naerame (35) selaku pemilik usaha rental mobil ke Polsek Mandonga. Dia merasa ditipu pelaku yang telah menyewa dua mobil selama dua bulan, tapi belum juga mengembalikan.

"Pemilik mobil menanyakan nasib dua mobilnya di bulan November kepada tersangka. Namun dengan berbagai alasan, tersangka menyampaikan tidak bisa menghadirkan mobil. Setelah kami cari, ternyata kami dapatkan mobil tersebut telah digadaikan kepada seseorang yang saat ini telah kami dalami," kata Didik, Kamis (28/11/2019), seperti dinukil dari iNews.id.

Baca juga: Begini Kronologi Maling Motor Berpistol di Depok yang Ditembak Mati Polisi 

Dari hasil penyelidikan petugas, tersangka ternyata bukan sekali ini saja menggelapkan mobil. Dia sudah berkali-kali melakukan perbuatan penggelapan dan penipuan terhadap pengusaha mobil rental. Hal tersebut dilakukan pelaku karena terlilit utang dari seorang rentenir yang jumlahnya mencapai Rp75 juta.

"Hasil pengembangan, ada 13 mobil hasil penggelapan dan penipuan tersangka yang bisa kami ungkap dan kami amankan di Polsek Mandonga," ungkap Didik.

Sebanyak 13 mobil hasil penipuan dan penggelapan itu telah digadaikan tersangka dengan harga Rp30 juta per unit, mulai Agustus hingga September 2019.

Baca juga: Maling Motor Tewas Diamuk Massa 

"Warga Kendari pemilik rental atau siapa pun yang merasa ditipu tersangka, bisa datang ke Mapolsek Mandonga untuk mengecek mobilnya, bawa STNK, akan kami bantu, pasti," ujar Didik.

Atas perbuatan tersebut, tersangka dijerat dengan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) subsider Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan Penipuan. Pelaku diancam dengan hukuman empat tahun penjara.

Baca juga: Ngaku Anggota Polisi, Dua Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini