nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Sungai Ciberes Berwarna Merah Muda Sedang Diselidiki

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 525 2137011 penyebab-sungai-ciberes-berwarna-merah-mudah-sedang-diselidiki-pdyPB1p5ew.jpg Sungai Ciberes Berwarna Merah Muda (foto: Okezone/Fathnur Rohman)

CIREBON - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon mengambil sampel air di sungai Ciberes, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang berubah warna menjadi merah muda dan menimbulkan bau tidak sedap. Selain di Sungai Ciberes, DLH juga mengambil sampel air di dua titik lainnya.

Menurut Kabid Pengendalian & Pemulihan Dampak Lingkungan DLH Yuyu Jayudin, selain di Sungai Ciberes, ada dua lokasi lainnya di wilayah Gebang yang airnya berubah warna menjadi merah muda. Dia menyebut ada enam sampel air yang dibawa ke laboratorium dari tiga lokasi tersebut untuk diperiksa.

Baca Juga: Sungai di Cirebon Berubah Warna Jadi Merah Muda dan Beraroma Menyengat 

"Sudah kita ambil enam sampel dari tiga titik itu. Baru tadi pagi saya antarkan ke laboratorium untuk diperiksa," ujar Yuyu saat ditemui Okezone, di Kantor DLH, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (2/12/2019) siang.

Sungai Ciberes Berwarna Merah Muda (Okezone-Fathnur Rohman)	 

Yuyu mengungkapkan, hasil pemeriksaan enam sampel air itu akan dikeluarkan dua Minggu kemudian. Namun, dirinya menduga jika melihat pada kejadian serupa di sungai Kamal, Brebes, Jawa Tengah, penyebab perubahan warna air di sungai Ciberes terjadi, karena akibat adanya intruksi air laut yang bercampur dengan sampah, ganggang, serta bakteri ecoli.

"Dugaan sementara menurut saya, kalau lihat kejadian yang pernah terjadi di Brebes, itu akibat ganggang. Mudah-mudahhan indikasinya sama. Ada intruksi air laut, sampah, ganggan, bakteri ecolli. Ini agak sama dengan di sungai Kamal," katanya.

Saat disinggung apakah perubahan warna air di sungai Ciberes berbahaya untuk warga atau tidak, ia menjelaskan, kandungan air sungai di Kabupaten Cirebon memang sudah masuk kategori tidak layak konsumsi, meski tidak terjadi perubahan warna seperti sungai Ciberes.

"Sebenarnya ada tidaknya warna pink ini, kondisi air di sungai kita memang sudah kotor dan buruk, " tururnya.

Baca Juga: Sungai Ciberes Berwarna Merah Muda, Warga Mulai Resah 

Sungai Ciberes Berwarna Merah Muda (Okezone-Fathnur Rohman)

Dirinya mengimbau, agar masyarakat di Kabupaten Cirebon lebih memperhatikan kondisi lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai.

Sekedar informasi, sungai Ciberes di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berubah warna menjadi merah muda dan menimbulkan bau tidak sedap. Peristiwa tersebut kemudian mengganggu aktivitas warga.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini