nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah 26 Tahun Tutup, Guatemala Buka Kembali Kedutaan Besarnya di Jakarta

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 13:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 10 18 2140173 setelah-26-tahun-tutup-guatemala-buka-kembali-kedutaan-besarnya-di-jakarta-siUi32y48q.jpg Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Jovel (kiri) dan Menteri Luar Negeri RI retno Marsudi dalam pertemuan di Jakarta, 10 Desember 2019. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Pemerintah Guatemala membuka kembali kedutaan besarnya di Jakarta yang sempat tutup selama sekira 26 tahun. Negara Amerika Tengah itu terpaksa menutup kedutaan besarnya pada 1993 karena hantaman krisis ekonomi.

Kedutaan besar yang berlokasi di Gedung World Trade Center Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat itu akan dibuka secara resmi pada Selasa, 10 Desember oleh Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Jovel.

“Saya sangat menyambut baik dan menyampaikan selamat kepada Menlu Jovel atas pembukaan kembali kedutaan besar Guatemala di Jakarta,” kata Menlu RI, Retno Marsudi usai pertemuan bilateral dengan Menlu Jovel di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

“Kedutaan besar Guatemala akan menjadi kedutaan besar negara sahabat ke-106 di Jakarta dan yang ke-14 dari negara Amerika Latin dan Karibia.”

Hubungan antara Indonesia dengan Guatemala telah terjalin selama 27 tahun, sejak 1992. Namun, kedutaan besar Guatemala di Jakarta ditutup pada 1993 karena krisis ekonomi yang melanda negara Amerika Tengah itu.

Guatemala merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Amerika Tengah.

Wacana pembukaan kembali kedutaan besar Guatemala di Jakarta sebelumnya telah disampaikan oleh beberapa bulan lalu oleh Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, yang memandang langkah itu sebagai sebuah perkembangan positif bagi diplomasi Indonesia di dunia internasional.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini