nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicuri 20 Tahun Lalu, Lukisan Bersejarah Ditemukan Disembunyikan di Dinding Galeri

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 11:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 12 18 2140998 dicuri-20-tahun-lalu-lukisan-bersejarah-ditemukan-disembunyikan-di-dinding-galeri-quaqE4r3yP.jpg Potrait of a Lady karya Gustav Klimt ditemukan kembali setelah hilang lebih dari 20 tahun lalu. (Foto: Kepolisian Italia via Reuters)

PIACENZA - Sebuah lukisan yang dicuri lebih dari 20 tahun yang lalu dalam sebuah perampokan yang berani di sebuah galeri seni di Italia utara tidak sengaja ditemukan kembali setelah seorang pekerja yang membersihkan tanaman dari sebuah bangunan melihatnya di sebuah dinding tersembunyi.

Portrait of a Lady’ karya Gustav Klimt dicuri dari galeri Ricci-Oddi di Piacenza pada Februari 1997, dengan bingkainya ditemukan dibuang di atap. Polisi percaya bahwa bingkai itu dilemparkan ke sana dalam upaya untuk membuat seperti pencuri masuk melalui langit-langit, meskipun pada kenyataannya lukisan itu terlalu besar untuk ditarik melalui jendela.

Diwartakan RT, Kamis (12/12/2019), pekerja yang menemukan lukisan itu mengatakan dia sedang membersihkan tanaman rambat ketika dia secara tak terduga melihat panel logam dan menariknya. Di sana dia menemukan lukisan yang dicuri itu tersimpan dalam sebuah tas hitam.

Selama bertahun-tahun, sejumlah salinan dan pemalsuan terperinci dari karya yang hilang itu telah muncul.

Polisi sedang menyelidiki penemuan tersebut dan lukisan itu belum secara resmi disahkan sebagai karya yang benar-benar hilang. Akan tetapi, direktur galeri mengatakan karya seni itu memiliki perangko dan segel yang sama seperti aslinya, membuatnya yakin bahwa lukisan Klimt itu telah ditemukan.

Media lokal melaporkan bahwa kabel yang merupakan bagian dari sistem alarm yang digunakan pada saat itu juga telah ditemukan masih tertanam di bagian belakang lukisan. Tidak jelas apakah lukisan itu selama ini berada di dalam tembok tersebut, atau dipindahkan kembali ke sana baru-baru ini.

Lukisan tersebut memiliki nilai artistik dan historis mengingat lukisan itu juga berisi lukisan potret rahasia Klimt di bawah potret yang terlihat, menjadikannya satu-satunya 'klimt ganda' yang dikenal di dunia. Artis itu diyakini pernah melukis potret asli, yang juga menampilkan seorang wanita, sekira 1916 sebelum kemudian segera menutupnya dengan lukisan baru.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini