BMKG Sebut Puncak Musim Hujan di Januari-Februari 2020

CDB Yudistira, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 525 2143364 bmkg-sebut-puncak-musim-hujan-di-januari-februari-2020-Ko5NAwagCa.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANDUNG - Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat akan memasuki puncak musim hujan pada Januari -Februari 2020. Untuk itu masyarakat diminta waspada terkait hujan dan angin kencang yang akan terjadi di seluruh wilayah Jabar.

"Seluruh wilayah Jawa Barat sudah memasuki musim hujan dan potensi hujan lebat sudah mulai ada karena karakter cuaca saat ini hujan tidak merata di semua hari," ujar Kepala BMKG Bandung, Toni Agus Wijaya, Rabu (18/12/2019).

Pada puncak musim hujan nanti curah hujan akan jauh lebih tinggi. Analisis BMKG menyebutkan per dasarian atau 10 hari, bisa lebih dari 100 milimeter per jam.

"Jadi curah hujan tinggi. Kemudian ada potensi hujan lebat yang satu harinya itu bisa 50 milimeter per jam," tuturnya.

 Motor

Menurut Toni, dengan adanya potensi-potensi pada musim hujan dan puncak musim hujan, potensi bencana juga diprediksi bakal terjadi. Bencana yang akan terjadi mulai dari longsor hingga banjir.

"Bencana-bencana akibat air hujan ini sebenarnya bisa kita kurangi, misalnya banjir kita antisipasi dengan membersihkan saluran air, kemudian longsor kita antisipasi mendeteksi sedini mungkin apabila ada gejala-gejala retakan tanah atau perbukitan itu kita bisa antisipasi," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini