Akhiri 2019, Bea Cukai Musnahkan Jutaan Rokok dan Miras Ilegal Senilai Rp6,4 Miliar

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 19 Desember 2019 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 1 2143969 akhiri-2019-bea-cukai-musnahkan-jutaan-rokok-dan-miras-ilegal-senilai-rp6-4-miliar-DQxCkkL1HM.jpg Foto: Bea Cukai

JAKARTA - Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia terkait pemberantasan barang ilegal dan perlindungan industri dalam negeri, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta terus melakukan berbagai terobosan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Bea Cukai sebagai salah satu garda terdepan dalam menjaga dan mengamankan keuangan negara senantiasa melakukan inovasi dan perbaikan-perbaikan dalam menghadapi perubahan.

Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta akan melakukan pemusnahan 2.777.114 batang rokok dan 14.719 botol minuman keras ilegal berbagai merk senilai Rp6.462.090.500 dengan kerugian negara ditaksir mencapai Rp5.524.632.922 yang seluruhnya telah ditetapkan sebagai barang milik negara setelah mendapat persetujuan peruntukan pemusnahan dari Menteri Keuangan c.q Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Barang yang akan dimusnahkan tersebut merupakan sebagian dari hasil penindakan periode tahun 2017 s.d. 2019. Selain itu, pemusnahan kali ini juga dilakukan terhadap barang bukti yang telah memperoleh putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap sebanyak 6.144 botol minuman keras dan 320.000 batang rokok ilegal berbagai merk.

Sepanjang tahun 2017 s.d. 2019 Kanwil Bea Cukai Jakarta telah melakukan program terobosan dalam rangka pengamanan penerimaan negara melalui operasi macan kemayoran, operasi gempur dan operasi rutin di bidang cukai serta penyidikan TPPU, restorative justice, dan penyidikan multidoors. 

Dalam memberantas peredaran rokok dan minuman keras ilegal, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta terus bersinergi dengan instansi/aparat penegak hukum lainnya antara lain: Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri, Balai Besar POM DKI Jakarta, DJP, PPATK, BNN, Polda Metro Jaya, Baharkam Mabes Polri, Badan Intelijen Strategis, Kodam Jaya, Pomdam Jaya, Armabar AL, dan Garnisun guna menciptakan persaingan ekonomi yang sehat demi kemakmuran rakyat.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Kanwil Bea Cukai Jakarta telah membuahkan hasil yaitu diperolehnya piagam sebagai Kantor Wilayah yang layak dijadikan role model operasi pengawasan minuman keras di seluruh Indonesia dan penghargaan sebagai Kantor Wilayah dengan Penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang terbanyak pada Tahun 2018.

Selain sebagai bentuk transparansi pelaksanaan tugas Bea Cukai, kegiatan pemusnahan ini juga sebagai bukti bahwa Bea Cukai secara konsisten mengamankan hak-hak penerimaan negara serta melindungi negara dari peredaran barang-barang yang berbahaya. (adv) (wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini