Terjebak Dalam Gua Lele, 3 Mahasiswa Karawang Meninggal Dunia

Mulyana, Okezone · Senin 23 Desember 2019 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 23 525 2145086 terjebak-dalam-gua-lele-3-mahasiswa-karawang-meninggal-dunia-fK1rJFev2F.jpg Ilustrasi mayat (Shutterstock)

KARAWANG – Tiga mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) meninggal dunia setelah lebih dari tujuh jam terjebak dalam Gua Lele, yang berada di Kampung Taneuh Bereum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan. Mahasiswa terjebak dalam gua saat mengikuti kegiatan mahasiswa pecinta alam (mapala).

Sekretaris BPBD Kabupaten Karawang, Supriyatna, mengatakan mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan mapala pada Minggu (22/12/2019). Sekira pukul 21.00 WIB, instansinya menerima laporan, ada tiga mahasiswa yang terjebak dalam gua tersebut.

"Kami lalu berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Salah satunya SAR Bandung," ujar Supriyatna kepada Okezone, Senin (23/12/2019).

Ilustrasi (Shutterstock)

Sejak Minggu malam itu, tim langsung berusaha melakukan evakuasi terhadap korban. Akan tetapi, karena sulitnya medan, proses evakuasi terkendala. Bahkan, evakuasi dilakukan sampai Senin dini hari.

Ketiga korban yang terjebak ialah Erisa Rifan, Alief Rindu, Ainan Fatimatuzahro. Ketiganya berhasil dievakuasi. Namun, ketiganya ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Supriyatna menuturkan, pada Minggu sore, ada enam mahasiswa Unsika yang mengikuti mapala. Saat itu di sekitar Gua Lele turun hujan dengan derasnya. Keenam mahasiswa itu diduga berteduh dalam gua.

Akan tetapi, saat berteduh itu, tiga dari enam mahasiswa itu tak sadarkan diri. Kemudian, ketiga mahasiswa lainnya turun ke permukiman untuk meminta bantuan warga.

Kasus mahasiswa yang terjebak dalam Gua Lele ini, mendapat perhatian sejumlah pihak, salah satunya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Bupati cantik ini turut berbelasungkawa dengan kejadian meninggalnya tiga mahasiswa tersebut.

"Innalilahi wa inna ilaihi rajiun, telah terjadi musibah Minggu kemarin, sebanyak tiga mahasiswa Unsika yang ditemukan di Gua Lele dalam keadaan meninggal dunia," ujar Cellica dalam akun IG resminya.

Dalam unggahannya itu, Cellica menyebutkan proses evakuasi tiga mahasiswa tersebut memakan waktu lebih dari 10 jam. Pihaknya mendoakan, ketiganya meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Cellica juga mengucapkan terima kasih, kepada tim dari Basarnas, relawan, BPBD, PMI, Muspika, dan jajaran TNI/Polri yang telah membantu proses evakuasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini