Asal-usul Nama Gua Lele yang Tewaskan Tiga Mahasiswa Karawang

Rabu 25 Desember 2019 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 25 525 2145782 asal-usul-nama-gua-lele-yang-tewaskan-tiga-mahasiswa-karawang-2GzBrdR271.jpg Ilustrasi gua. (Foto: Instagram @Travel2traverse)

KARAWANG – Tiga mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Uniska) meninggal saat melakukan kegiatan di Gua Lele, Kampung Tanah Berureun, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Minggu 22 Desember 2019. Usai insiden tersebut, nama Gua Lele banyak dibicarakan masyarakat.

Ada beberapa versi cerita yang mengungkap alasan lokasi tersebut dinamakan Gua Lele. Aktivis speleologi atau kehidupan di bawah tanah asal Karawang, Willy Firdaus, menyebut nama Gua Lele berasal dari masyarakat sekitar yang mengatakan ada ikan lele putih bermata kecil hidup di gua tersebut.

Baca juga: Mengenang Ainan, Mahasiswi yang Tewas Terjebak di Gua Lele 

Selain disebut Gua Lele, masyarakat sekitar juga sering menyebutnya sebagai Gua Cilele. Meski banyak ikan lainnya yang hidup di Goa itu, lele putihlah yang membuat lokasi tersebut dinamakan Gua Lele.

"Banyak ikan yang hidup di dalam gua lele. Selain lele putih, juga ada ikan lain yang hidup di sana. Namun karena yang paling unik adalah lele putih, makanya banyak yang menyebut Gua Lele," kata Willy, Selasa 24 Desember 2019, mengutip dari iNews.id.

Baca juga: Keluarga Korban Tewas Sesalkan Susur Gua Lele Dilakukan saat Musim Hujan 

Gua Lele merupakan tipe gua yang menjadi masuknya air ke dalam sistem sungai bawah tanah (conduit). Gua itu terletak di antara dua bukit yang menyebabkan idela untuk menampung air hujan. Selain Gua Lele, banyak gua serupa yang ada di wilayah tersebut.

Di antaranya yakni Gua Sapi yang dinamai oleh masyarakat sekitar karena disebut ada sapi milik warga yang terperosok dan terjebak ke dalam gua tersebut. Ada pula Gua Miring karenanya yang tidak vertikal atau horizontal.

Arus air dari gua tersebut mengarah ke Sungai Cibodas yang merupakan mikro Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikereteg. Gua ini sangat berbahaya jika dikunjungi oleh orang-orang yang tidak berpengalaman, apalagi memasuki musim hujan.

Baca juga: Isak Tangis Warnai Pemakaman Mahasiswi Asal Banjarnegara Korban Gua Lele 

"Saat musim hujan, sebaiknya tidak ke sana. Apalagi yang belum berpengalaman," ucap Willy.

Seperti diketahui, ada tiga korban yang tewas yaitu Erisa Rifan, Alief Rindu Alafah, dan Ainan Fatimatuzahro. Ketiganya diduga tak bisa menyelamatkan diri saat air hujan masuk ke Gua Lele. Jenazah ketiganya sudah diserahkan kepada keluarga.

Baca juga: 3 Mahasiswa Unsika yang Tewas Sedang Mengikuti Susur Gua 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini