nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pastikan Perayaan Natal di Solo Aman, Polda Jateng Siagakan Penembak Jitu

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 17:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 512 2145681 pastikan-perayaan-natal-di-solo-aman-polda-jateng-siagakan-penembak-jitu-XGvecHgMF0.jpg Kapolda Jawa Tengah, Irjen Rycko Amelza Dahniel, saat sidak kesiapan pengamanan di sejumlah gereja di Solo, Selasa (24/12/2019). (Ist)

SOLO – Kapolda Jawa Tengah Irjen Ryco Amelza Dahniel menjamin pelaksanaan perayaan Natal di Solo berjalan aman.

Untuk memastikan keamanan jalannya perayaan Natal di Solo, pihaknya mengerahkan personel yang tersebar di 171 gereja. Pihaknya pun akan menempatkan sniper atau penembak jitu.

"Para penembak jitu ini disiagakan untuk melakukan tindakan tegas yang terukur terhadap pelaku kriminal yang mencoba mengganggu jalannya kegiatan," ujar Kapolda di sela inspeksi mendadak (sidak) kesiapan pengamanan di sejumlah gereja yang masuk kategori rawan 1, di Solo, Selasa (24/12/2019).

Menurut Kapolda, total ada 171 gereja terdiri atas 6 gereja prioritas 1, kemudian ada 22 gereja masuk prioritas 2, dan 133 gereja masuk prioritas 3.

"Di beberapa gereja prioritas kami memberikan penekanan untuk melakukan tindakan tegas yang terukur terhadap pelaku yang akan coba-coba untuk mengganggu," ucapnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel sidak kesiapan pengamanan di sejumlah gereja di Solo, Selasa (23/12/2019). (Ist)

Selain itu, ungkap Kapolda, seluruh wilayah tersebut akan dipasang CCTV yang dikendalikan Polresta Surakarta.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muchamad Efendi yang ikut serta dalam pengecekan kesiapan pengamanan Natal menegaskan, TNI siap mem-backup kepolisian dalam pengamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, jajaran TNI dari wilayah Korem 074 Solo Raya ini siap mem-backup apa yang diminta Kapolresta Surakarta.


Baca Juga : Tiba di Gereja Santo Kristoforus, Anies Dicurhati soal Banjir

"Anggota TNI yang sudah masuk di pos ada 1 satuan setingkat kompi (SSK) kekuatan 100 orang. Kami juga siapkan masing-masing Kodim di wilayah Korem Solo ini ada 1 SST dan 1 SSK on call di Korem. Kita masih punya 2 satuan setingkat kompi di Batalion 408," tuturnya.


Baca Juga : H-1 Natal, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Menurun

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini