nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilik Truk Tronton Maut di Pasuruan Terancam Terjerat Hukum

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 02:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 24 519 2145407 pemilik-truk-tronton-maut-di-pasuruan-terancam-terjerat-hukum-jIh04TJ6ed.jpg Kecelakaan truk tronton di Pasuruan. (Foto: Ist)

PASURUAN – Setelah menetapkan tersangka pengemudi truk tronton dalam kecelakaan maut di Pasuruan, pihak kepolisian juga mendalami keterlibatan pemilik kendaraan besar itu.

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Hermawan mengungkapkan, berdasarkan identifikasi truk berpelat nomor S-9066-UU tersebut diketahui tidak memiliki spesifikasi mengangkut alat berat jenis ekskavator.

Baca juga: Truk Tronton Tabrak Kendaraan hingga Rumah di Pasuruan, 7 Orang Meninggal 

"Ada beberapa spek yang dilewatkan pemilik truk. Kami masih koordinasi dengan pihak terkait supaya jadi landasan hukum mengambil langkah bagi pemilik truk apakah bisa diikutkan subjek dalam kejadian ini," ujar Rofiq, Senin 23 Desember 2019.

Ia melanjutkan, adanya kecelakaan ini memberikan pelajaran bagi pemilik kendaraan, terutama yang dijadikan sarana usaha, untuk lebih memerhatikan aspek keselamatan.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Truk Angkut Ekskavator Tewaskan 7 Orang di Pasuruan 

"Ini pembelajaran bagi masyarakat semua harap memerhatikan sisi keselamatannya secara luas. Tidak orientasi kepada keuntungan saja. Harus diperhatikan apakah layak digunakan di jalan. Kelayakan kendaraan untuk usaha, dan standarnya bagaimana yang sudah ditetapkan pemerintah," sambungnya.

Sebagaimana diberitakan, kecelakaan maut terjadi pada Minggu 22 Desember 2019 sekira pukul 10.30 WIB. Sebuah truk tronton yang mengangkut alat berat ekskavator hilang kendali hingga menabrak sejumlah motor dan mobil di lajur berlawanan.

Baca juga: Korban Tewas Kecelakaan di Pasuruan Berencana Jenguk Keluarga Pulang Umrah 

Akibat kejadian tersebut, tujuh orang meninggal. Sementara lima lainnya mengalami luka-luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit.

Kepolisian sendiri telah menetapkan pengemudi truk bernama Slamet Zuhdi (43), asal Nganjuk, sebagai tersangka. Ia dianggap lalai dalam mengemudikan kendaraan yang berakibat hilangnya nyawa orang lain.

Baca juga: Kecelakaan di Pasuruan, Sopir Truk Angkut Ekskavator Jadi Tersangka 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini