nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jateng Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Jabodetabek

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 06:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 04 512 2149127 pemprov-jateng-kirim-bantuan-untuk-korban-banjir-jabodetabek-Hc2KKXd92e.jpg Pemprov Jateng kirim bantuan untuk korban banjir Jabodetabek. (Ist)

SEMARANG – Pemprov Jawa Tengah mengirimkan bantuan untuk korban bencana banjir di Jabodetabek, Jumat (3/1/2020) malam. Bantuan logistik tahap pertama itu juga diperuntukkan korban bencana di Jawa Barat dan Banten.

Bantuan itu berupa popok, selimut, air minum kemasan, seragam sekolah, tenda, matras, mukena, sarung, dan lainnya. Setiap item berjumlah 2.000 buah agar bisa menjangkau lebih banyak korban yang kini masih berjibaku dengan banjir.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, logistik yang dikirimkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan para korban. Data kebutuhan itu berdasarkan koordinasi BPBD Jateng dengan BPBD DKI Jakarta, Jabar, dan Banten.

"Tidak banyak yang kami kirim. Tapi, insya Allah ini bagian dari saling membantu, rasa sayang, kepedulian, dan kekompakan kita antar sesama anak bangsa dan kebiasaan kita antarprovinsi dan BPBD jika terjadi bencana, saling tolong-menolong," kata Ganjar.

Pemprov Jateng kirim bantuan untuk korban banjir jabodetabek (ist)

Karena itu, lanjut Ganjar, relasi ini mesti dipertahankan terus menerus. Selain logistik tersebut, Ganjar juga mengerahkan kantor penghubung Jawa Tengah di Jakarta untuk standby, kalau misalnya diperlukan dapur umum, posko pengungsian, dan sebagainya.

"Mungkin mereka yang ada di sana termasuk golongan mampu. Tapi, ini sebagai sesama anak bangsa. Ini bagian awal selanjutnya tim yang diberangkatkan akan standby terus dan memantau apa yang masih bisa kita kirimkan," katanya.


Baca Juga : Tim SAR Evakuasi Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Lebak

Selanjutnya, bantuan logistik tiga truk tersebut akan dikirim langsung ke kantor BPBD masing-masing. “Jadi hubungannya antarpemerintah. Begitu tiba dan dilaporkan, bantuan akan di-BKO-kan kemudian dikirimkan ke masyarakat,” tuturnya.


Baca Juga : Korban Meninggal Akibat Banjir Jabodetabek dan Lebak 46 Orang, 1 Hilang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini