nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 02:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 05 512 2149358 cuaca-ekstrem-jalur-pendakian-gunung-lawu-ditutup-dKviZlctiJ.jpg Ilustrasi

KARANGANYAR - Jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu, baik melalui jalur Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu terpaksa ditutup sementara menyusul cuaca ekstrem.

Anggota relawan Karanganyar Emergency Rifan Feir Nandhi mengatakan untuk para pendaki yang saat ini masih berada di puncak Gunung Lawu, diarahkan turun melalui jalur pendakian Candi Cetho, Jenawi, Karanganyar.

"Penutupan jalur pendakian sementara ditutup sementara menyusul cuaca ekstrem. Dikhawatirkan bila tidak ditutup, bisa membahayakan para pendaki. Untuk pendaki yang masih ada di punvak, diarahkan turun melalui jalur Candi Cetho,"papar Rifan, Sabtu (4/1/2020).

Menurut Rifan, penutupan jalur pendakian yang sudah dilakukan sejak Jumat 3 Januari 2020 itu dilakukan langsung oleh KPH Lawu dan BPBD.

Gunung Lawu

Dan sebelum dilakukan Penutupan, dilakukan penyisiran terlebih dahulu jalur pendakian Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.

Penyisiran ini dilakukan karena sebelum jalur pendakian Gunung Lawu resmi ditutup sementara menyusul hujan deras disertai angin kencangi, ada sekira 50 pendaki yang masih berada di puncak.

"Dari oenyisiran di puncak sudah tidak ada lagi pendaki. Karena kondisi cuaca diatas puncak Lawu terjadi hujan badai, yanga pastinya berbahaya bagi para pendaki,"ujarnya.

Sedangkan jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu akan kembali di buka untuk umum, menunggu kondisi cuaca kembali normal dan tak lagi ekstrem.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini