Curhat Siswi SD yang Atap Sekolahnya Ambruk Usai Hujan Semalaman

Taufik Budi, iNews.id · Selasa 07 Januari 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 512 2150402 curhat-siswi-sd-yang-atap-sekolahnya-ambruk-usai-hujan-semalaman-X4lkxmTTzW.jpg Sacika Nindya, Siswi Kelas 4 SDN 1 Palebon, Semarang, Jawa Tengah (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG - Seorang bocah mengutarakan kesedihannya karena atap kelas SD Negeri (SDN) 1 Palebon, Kota Semarang, Jawa Tengah, ambruk usai diguyur hujan deras semalaman. Ruang kelas tersebut, kini dipenuhi dengan puing-puing atap yang berserakan hingga tak dapat digunakan untuk belajar.

“Tadi jam 7 pagi saya datang dan lihat (atap roboh), kaget banget,” kata Sacika Nindya, siswi kelas 4 SDN 1 Palebon, sambil memegang dadanya sebagai bentuk ekspresi kaget, Selasa (7/1/2020).

Akibat kejadian itu, dia bersama teman-temannya tak bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. Padahal, dia baru mulai kembali masuk sekolah usai libur panjang penerimaan rapor sekaligus Natal dan Tahun Baru 2020.

Bangunan SDN 1 Palebon roboh, Foto: Taufik Budi

Baca Juga: 2 Tersangka Ambruknya Bangunan SDN Gentong Segera Disidang 

Meski atap bangunan kelas yang ambruk bukan kelasnya, namun bocah berkerudung ini terkena dampaknya. Pihak sekolah menerapkan pola pembagian waktu belajar pagi dan siang, agar pelajar yang ruang kelasnya rusak bisa tetap masuk sekolah.

“Tadi ada pemberitahuan dari sekolah, besok disuruh berangkat siang. Ya sedih karena enggak bisa belajar di kelas,” katanya diamini teman temannya.

Terdapat empat kelas yang atap bangunannya ambruk di sekolah yang berlokasi di Jalan Panda Raya Nomor 5 Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang itu. Atap bangunan kelas lantai 2 ambruk, usai hujan deras semalaman hingga dini hari tadi.

“Pukul 05.30 WIB saya ditelepon penjaga yang mengatakan bahwa atap kelas roboh. Kemudian, pukul 06.00 WIB saya sampai sini (sekolah),” kata Kepala SDN 1 Palebon, Rudi Hayanto.

Baca Juga: Ini Kota dan Kabupaten di Jabodetabek yang Berstatus Tanggap Darurat Banjir 

Bangunan SDN 1 Palebon roboh, Foto: Taufik Budi

Empat kelas yang atapnya ambruk merupakan bangunan kelas 5 dan 6, masing-masing dua kelas. Peristiwa nahas itu pun segera dilaporkan kepada dinas terkait agar segera didata untuk perbaikan.

“Terjadinya setelah hujan semalaman, sekira pukul 03.30 WIB roboh. Yang roboh ini empat ruang kelas, yang biasanya digunakan belajar kelas 5 dan 6,” ujarnya.

Kini, para siswa yang ruang kelasnya tak bisa digunakan, untuk sementara dipindah ke lantai 1. Sementara, bagi kelas 3 dan 4, mulai Rabu 8 Januari akan diminta masuk siang. Sedangkan hari ini mulai kelas 1 hingga 3 diminta pulang lebih awal.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini