178 Hektare Lahan Beralih Fungsi Jadi Area Penambangan Emas di Lebak

Rasyid Ridho , Sindonews · Rabu 08 Januari 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 340 2150798 172-hektare-lahan-beralih-fungsi-jadi-area-penambangan-emas-di-lebak-uwtYRNDsVV.jpg Lokasi penambangan emas di Lebak, Banten (Foto: SPTN TNGHS)

LEBAK - Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN ) Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Wilayah I Lebak mencatat seluas 178 hektare lahan sudah beralih fungsi menjadi area penambangan emas. Bahkan, terdapat penambangan emas tanpa izin (PETI).

"Hulu Sungai Ciberang terdapat kegiatan penambangan emas tanpa izin dengan luasan terdampak kegiatan penambangan emas tanpa izin ± 178 hektare," kata Kepala SPTN TNGHS Lebak, Siswoyo, Rabu (8/1/2020).

Diungkapkan Siswoyo, jumlah PETI di seluruh kawasan TNGHS terdapat 28 titik, khusus di Kabupaten Lebak, ada 22 titik kegiatan PETI. Berbagai upaya sudah dilakukan guna menertibkan penambang emas di sejumlah blok dengan melakukan koordinasi dengan para pihak terkait, melakukan penyuluhan dan sosialisasi, membuat urat edaran penghentian PETI dan patroli rutin penertiban gubuk-gubuk PETI.

"Agar tidak kembali menjadi penambang kita lakukan pengalihan alternatif ekonomi dan mata pencaharian masyarakat berupa pengembangan wisata, bantuan usaha ekonomi masyarakat," ujarnya.

Penambangan emas di Lebak, Banten

Baca Juga: Penambangan Emas Ilegal di Lebak Jadi Prioritas Kapolda Banten yang Baru

Dia menambahkan, hasil monitoring dan patroli rutin penertiban PETI selama tahun 2018-2019 di 22 titik lokasi di Seksi PTN Wilayah I Lebak, telah terjadi penurunan jumlah pelaku PETI hampir di seluruh titik, bahkan ada yang sampai ditinggalkan tanpa ada pelaku seorang pun seperti di blok Ciawitali, Cikatumbiri dan Ciburuluk.

Selain area penambangan, adanya garapan berupa sawah dan kebun masyarakat di areal kawasan Taman Nasional dengan luasan ± 161 hektare dan di kawasan KPHK terdiri dari Hutan Produksi Terbatas 813,42 hektare dan Hutan Produksi 2.892,44 hektare dengan total luas garapan 3.866,86 hektare.

Baca Juga: Sebabkan Banjir Bandang, DPRD Banten Minta Tambang Ilegal di Lebak Dikontrol

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini