Banjir Rendam Ratusan Rumah di Cirebon, Warga Dievakuasi dengan Perahu Karet

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 14 Januari 2020 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 525 2152541 banjir-rendam-ratusan-rumah-di-cirebon-warga-dievakuasi-dengan-perahu-karet-29IIJP2LYX.jpg Banjir di Kalijaga, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat (Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Banjir melanda Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (13/1/2020) malam, mengakibatkan ratusan rumah terendam. Warga dievakuasi dengan perahu karet.

Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Kalipacit. Ketinggian air merendam permukiman mulai dari sepaha hingga sedada orang dewasa.

Warga setempat, Sa'ban (37) mengatakan, banjir terjadi sejak pukul 08.25 WIB tadi. "Airnya cukup deras, ketinggiannya sampai dada dan paha, " katanya kepada Okezone di lokasi banjir.

“Banjir lumayan tinggi, sampai ada yang sedada,” tambah Asep (32) warga lainnya.

 Banjir

Tim SAR gabungan dari BPBD dan Pemadam Kebakaran Kota Cirebon dikerahkan ke lokasi untuk membantu evakuasi warga lanjut usia, orang sakit dan anak-anak, menggunakan perahu karet. Mereka dievakuasi ke lokasi yang tidak terendam.

"Tidak ada korban, bahkan orang tua yang jompo, sakit, anak-anak berhasil kami evakuasi. Ada ratusan rumah yang terendam, " ujar Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis yang turun langsung ke lokasi banjir.

Pemkot Cirebon segera membangun dapur umum untuk warga yang rumahnya terendam. "Besok kita akan buat dapur umum,” ujarnya.

Pantauan Okezone, menjelang dini hari ketinggian air mulai surut bahkan ada warga yang mulai membersihkan rumah.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini