nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyandang Disabilitas Terusir dari Wyata Guna, Ini Solusi Pemprov Jabar

CDB Yudistira, Okezone · Rabu 15 Januari 2020 14:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 15 525 2153197 penyandang-disabilitas-terusir-dari-wyata-guna-ini-solusi-pemprov-jabar-YIBVP5f5g2.jpg Wagub Jabar UU Ruzhanul Ulum (foto: Pemprov Jabar)

BANDUNG - Sejumlah penyandang disabilitas terusir dari Wyata Guna, setelah adanya alih fungsi Wyata Guna, dari panti menjadi balai. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) pun telah menyiapkan solusi dengan menyediakan tempat sementara bagi para penyandang disabilitas yang terdampak.

"Kita siapkan tempat di Dinas Sosial (Pemprov Jabar)," kata Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum saat ditemui di Wyata Guna, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Terusir dari Wyata Guna, Puluhan Penyandang Disabilitas Tuntut Kejelasan 

penyandang disabilitas disuruh keluar dari wyata guna-cdb

Terkait dengan adanya perubahan dari panti menjadi balai, UU mengatakan, hal tersebut sudah disosialisasikan sekitar setahun yang lalu. Namun, memang tidak seluruh keinginan mereka-mereka yang masih bertahan dapat dikabulkan oleh Pemprov Jabar.

"Kami berharap pada masyarakat harus pahami, bukan kami tidak peduli justru kami peduli tapi kami sudah lakukan tahapan," kata dia.

Perlu diketahui, Kemensos mengeluarkan Permensos Nomor 18 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. Melalui Permen tersebut, nomenklatur Wyata Guna yang asalnya berbentuk panti menjadi balai.

Perubahan itu berdampak terhadap pelayanan penghuni asrama yang selama ini menghuni Wyata Guna. Puluhan penyandang disabilitas bahkan telah diminta meninggalkan Wyata Guna sejak 21 Juli 2019 lalu.

Alhasil pada Kamis 9 Januari 2020, sebanyak 30 penyandang disabilitas yang merupakan alumni Wyata Guna yang telah mendapat pelayanan dan pelatihan harus meninggalkan tempat yang menjadi naungannya selama ini.

Baca Juga: Wyata Guna Berubah Jadi Balai, Puluhan Penyandang Disabilitas Diminta Keluar 

Penyandang disabilitas diminta keluar dari Wyata Guna (foto: Okezone/CDB Yudistira)

Mendapat instruksi untuk meninggalkan panti, mereka penyandang disabilitas itu melakukan aksi berdiam diri, sejak Selasa 14 Januari 2020 kemarin hingga siang tadi.

Aksi mereka, untuk meminta kejelasan terkait dengan nasib mereka dari solusi peralihan panti menjadi balai. "Kita harus bagaimana atau apa yang bisa kami lakukan nantinya," kata Ketua Forum Akademisi Luar Biasa, Rianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini