nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Negara Tuntut Iran Beri Kompensasi pada Para Korban Pesawat Ukraina

Jum'at 17 Januari 2020 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 17 18 2154201 lima-negara-tuntut-iran-beri-kompensasi-pada-para-korban-pesawat-ukraina-tOqPp1n08d.jpg Foto: AP.

LONDON - Lima negara yang warganya menjadi korban jatuhnya pesawat penumpang Ukraina menuntut Iran melakukan investigasi terbuka, serta memberi ganti rugi kepada keluarga korban.

Tuntutan itu datang dari Ukraina, Kanada, Afghanistan, Swedia, dan Inggris. Setelah para menteri luar negeri negara itu bertemu pada Kamis, 16 Januari di kantor Komisi Tinggi Kanada, London.

BACA JUGA: Rekaman Terbaru Perlihatkan Dua Rudal Iran Tabrak Pesawat Ukraina

Para menteri meminta sebuah “investigasi kriminal independen yang diikuti proses persidangan transparan dan imparsial,” demikian diwartakan VoA, Jumat (17/1/2020).

Pesawat Ukraine International Airlines tertembak secara tidak sengaja oleh rudal balistik Iran tidak lama setelah pesawat lepas landas dari bandara Teheran pada 8 Januari lalu. Insiden itu menewaskan 176 penumpang dan awak pesawat.

Di antara para korban terdapat 57 orang warga Kanada, 17 warga Swedia, 11 warga Ukraina, 4 warga Afghanistan dan 4 warga Inggris, serta Iran.

BACA JUGA: Presiden Iran: Penembakan Pesawat Ukraina Adalah Kesalahan Tak Termaafkan

Iran mulanya mengatakan persoalan teknis adalah penyebab utama jatuhnya pesawat. Setelah bukti-bukti mulai terkuak, Iran kemudian mengakui bahwa pasukan paramiliter Garda Revolusi tidak sengaja menembakkan misil ke pesawat itu.

Pesawat itu jatuh di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS), pasca pembunuhan komandan Garda Revolusi Qasem Soleimani dalam sebuah serangan drone di Baghdad.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini