Gunung Semeru Sempat Erupsi dengan Tinggi Kolom Abu 600 Meter

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 18 Januari 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 519 2154660 gunung-semeru-sempat-erupsi-dengan-tinggi-kolom-abu-600-meter-xvAZALQS7A.jpg Ilustrasi Gunung Semeru. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Gunung Semeru di Jawa Timur sempat mengalami erupsi dan mengeluarkan kolom abu sekira 600 meter dari puncak. Erupsi terjadi pada Jumat 17 Januari 2020, sekira pukul 17.22 WIB. Hal itu sebagaimana dilaporkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kolom abu erupsi Gunung Semeru teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara.

"Berdasarkan laporan pengamatan PVMBG, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi 1 menit 39 detik. Hingga saat ini status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu berada pada level II dengan status waspada," papar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo, seperti dikutip dari situs resmi BNPB, Sabtu (18/1/2020).

Kendati demikian, lanjut dia, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas. Kemudian mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko.

Selain itu, masyarakat diminta selalu mengikuti informasi resmi dari instansi yang berwenang serta tidak terpengaruh dengan adanya berita dari sumber yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini