Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang China, Lukai Sedikitnya 3 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 20 Januari 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 18 2155343 gempa-bumi-magnitudo-6-4-guncang-china-lukai-sedikitnya-3-orang-wXaaBgDQC3.jpg Ilustrasi.

URUMQI – Sedikitnya tiga orang terluka, termasuk satu dalam kondisi kritis, setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,4 melanda wilayah otonomi Xinjiang Uighur, China barat laut, pada Minggu, 19 Januari 2020.

Berdasarkan keterangan Pusat Jaringan Gempa Bumi China (CENC), gempa itu mengguncang wilayah Jiashi di Prefektur Kashgar pada pukul 9:27 malam waktu Beijing dan diikuti oleh sedikitnya delapan gempa susulan.

Beberapa penduduk di Jiashi mengatakan pada Xinhua, Senin (20/1/2020) bahwa mereka merasakan getaran yang kuat, terutama bagi mereka yang tinggal di bangunan perumahan bertingkat. Beberapa berlari keluar dan tetap berada di jalanan, tidak mau kembali ke rumah.

Tim penyelamat di lokasi mengatakan staf medis telah memberikan perawatan kepada korban luka-luka, termasuk dua anak-anak.

Personel dari manajemen darurat, gempa bumi, urusan sipil dan departemen kesehatan telah dikirim ke daerah yang dilanda gempa untuk pekerjaan bantuan. Evakuasi sedang berlangsung di daerah-daerah yang terkena dampak.

Sembilan kereta penumpang berjalan di zona yang dilanda gempa untuk sementara dihentikan dan staf perkeretaan telah dikirim untuk melakukan pengecekan fasilitas.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 lainnya mengguncang Kota Artux, yang tidak jauh dari Jiashi, pada Minggu pukul 10.23 malam waktu Beijing. CENC melaporkan pusat gempa dimonitor pada 39,89 derajat lintang utara dan 77,46 derajat bujur timur.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini