nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operator Bantah Evakuasi Korban Kecelakaan Minibus vs Truk di Tol Cipali Berjalan Lambat

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 525 2155670 operator-bantah-evakuasi-korban-kecelakaan-minibus-vs-truk-di-tol-cipali-berjalan-lambat-A7ysgLwE3C.JPG Sebuah minibus mengalami ringsek usai menabrak truk di Tol Cipali, Jawa Barat (Foto: iNews.id/Yudy Heryawan)

JAKARTA - Pengelola Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas Marga Sedaya membantah jika proses evakuasi penumpang korban kecelakaan ruas Tol Cipali, Kabupaten Subang pada Sabtu, 18 Januari 2020 yang melibatkan sebuah minibus dan truk berjalan lamban.

PT Lintas Marga Sedaya selaku operator Tol Cipali menegaskan bahwa pihaknya telah memiliki aturan berupa Standar Pelayanan Minimum (SPM) terkait dengan respous time yang sudah diatur oleh pemerintah dalam hal ini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yakni 20 menit dari awal penerimaan laporan.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa petugas layanan lalu lintas dalam hal ini petugas Rescue Astra Tol Cipali sudah berada di lokasi kejadian delapan menit sejak informasi diterima oleh Traffic Monitoring Center (TMC) Astra Tol Cipali," ujar Corporate Communication & CSR Department Head, Theresia dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Hindari Lubang, Minibus Tabrak Truk di Tol Cipali

Dia menjelaskan, sejumlah petugas telah sigap menangani kecelakaan tersebut di lokasi kejadian. Di lokasi disiagakan 4 unit mobil patroli, 2 ambulans, 1 unit rescue, 2 mobil derek dan satu patroli jalan raya. Pihaknya juga membantah ketiadaan alat berat saat proses evakuasi berlangsung.

"Kronologi yang terjadi di lapangan kondisi korban yang terjepit di bagian kaki dapat diatasi oleh petugas kami di lapangan dengan dievakuasi oleh star rescue milik Astra Tol Cipali menggunakan alat yang digunakan menggunakan cutter dan ramp untuk merenggangkan bagian mobil yang terjepit," urainya.

Kondisi jalur pun lanjut Theresia, sudah diamankan oleh petugas layanan lalu lintas di Tol Cipali dengan menggunakan perambuan di sekitar lokasi kejadian. Selanjutnya korban dilarikan ke RS Thamrin Purwakarta.

Baca juga: Polisi Masih Menganalisis Penyebab Kecelakaan di Ciater Subang

Sebelumnya diwartakan, kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Tol Cipali, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) pada Sabtu 18 Januari 2020. Peristiwa bermula saat minibus berusaha menghindari jalan berlubang. Akibatnya, delapan penumpang mengalami luka-luka.

Truk jasa pengiriman yang melaju di depan bus tiba-tiba berpindah arah. Sopir minibus diduga terkejut saat melihat jalan di depan berlubang. Karena ingin menghindari jalan berlubang, bus malah menabrak truk.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini