nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Labuan Bajo Dijadikan Wisata Premium, Keselamatan Wisatawan Diutamakan

Adi Rianghepat, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 04:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 340 2156371 labuan-bajo-dijadikan-wisata-premium-keselamatan-wisatawan-diutamakan-r0B8RXOEEW.jpg Labuhan Bajo (Foto : Indonesia Travel)

KUPANG - Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal jadi kawasan wisata premium. Untuk itu, pemerintah terus menatanya termasuk mengkondisikan wilayah tersebut aman dan nyaman bagi wisatawan.

Salah satu yang dilakukan adalah memastikan keamanan wisatawan saat berlayar menikmati perairan di sekitar pulau-pulau indah daerah itu.

"Ke depan sejumlah instansi yang bertugas memberi pengamanan pelayaran akan hadir dan melaksanakan fungsinya di Labuan Bajo," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Wayan Darmawa di Kupang, Selasa (21/1/2019).

Kapal tenggelam di Labuhan Bajo (Foto : Istimewa)

Dia menyebut sejumlah lembaga itu antara lain, Badan SAR, Sat Pol Air, BMKG dan sejumlah instansi lainnya. Sejauh ini sejumlah lembaga itu maaih belum ada di wilayah itu. "Ini sudah menjadi komitmen pemerintah, bahkan Bapak Presiden sendiri sudah memerintahkan untuk segera dibentuk," katanya.

Saat ini sebuah helikopter milik Badan SAR sedang melakukan operasi pengawasan pengamanan pelayaran bagi wisatawan di daerah itu. "Ini dimaksud untuk memantau dan memberi rasa aman bagi para wisatawan yang sedang berlayar," katanya.

Dengan kehadiran sejumlah lembaga itu, diharap akan tercipta keamanan prioritas bagi wisatawan yang datang dan menikmati indahnya panorama laut dan alam di Labuan Bajo ujung Barat Pulau Flores itu.

"Jika wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman maka tentu akan terus memberi dampak baik bagi potensi pengembangan kepariwisataan di provinsi berbasis kepulauan itu," katanya.

Baca Juga : Kapal Ditumpangi Wartawan Peliput Jokowi Tenggelam di Labuan Bajo

Sebuah kapal phinisi pengangkut sejumlah wartawan yang saban hari bertugas di Istana Kepresiden hari ini alami kecelakaan laut. Sebanyak enam jurnalis dan sejumlah staf sekretariat kepresiden itu alami tenggelam setelah kapal yang ditumpangi diterjang gelombang.

Kejadian itu dialami di perairan Wae Cecu tepatnya di depan Pulau Bidadari, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 11.00 Wita. Namun begitu semua korban berhasil diselamatkan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini