nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FX Rudy Minta PDIP Komitmen pada Aturan Partai soal Rekomendasi Pilkada Solo

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 23 512 2157333 fx-rudy-minta-pdip-komitmen-pada-aturan-partai-soal-rekomendasi-pilkada-solo-7mx5OiKveG.jpg Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (foto: Okezone/Bramantyo)

SOLO - Suhu panas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Solo 2020 mulai terasa. Saat ini Gibran Rakabuming Raka dan Ahmad Purnomo sama-sama menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku optimis pasangan Ahmad Purnomo dan Teguh Prakoso akan mendapatkan surat rekomendasi dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Baca Juga: Gibran dan Ahmad Purnomo Sama-Sama Optimis Dapat Mandat dari Megawati 

Keyakinan pria yang akrab disapa Rudy itu mengacu pada peraturan PDIP Nomor 24 Tahun 2017 terkait bursa penjaringan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

Menurut Rudy, dalam aturan tersebut dijelaskan bagi daerah yang berhasil memperoleh suara lebih dari 24 persen dalam pemilu, maka DPP PDIP memperbolehkan melakukan penjaringan tertutup untuk calon pimpinan dan wakil pimpinan daerah.

Atas dasar aturan tersebut, Rudy meyakini rekomendasi akan jatuh kepada pasangan Ahmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo dan Teguh Prakosa yang kini menjabat Ketua DPRD kota Solo.

"Untuk Pilwalkot tahun ini prosesnya berbeda dari tahun 2005, 2010, 2015. Pada tahun ini, mengacu pada peraturan PDIP Nomor 24 Tahun 2017. Hanya (melalui) rapat anak ranting, ranting, PAC, DPC, sudah selesai,” ujar Rudy belum lama ini.

Rudy pun meminta Megawati selaku pengambil keputusan tetap memegang komitmen perihal peraturan PDIP Nomor 24 Tahun 2017.

"Semua keputusan ada di DPP PDIP. Tinggal, apakah itu mau dipakai atau enggak?” pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Tegaskan Tak Minta Rekomendasi ke Megawati Lewat Pintu Belakang 

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini