nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam, 2 Penumpang Diamankan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 15:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 340 2158524 kapal-pengangkut-tki-ilegal-tenggelam-2-penumpang-diamankan-jcO8m0uDem.JPG Kapal Basarnas Riau mengevakuasi korban kapal tenggelam di Perairan Bengkalis (Foto: Ist)

PEKANBARU - Pihak kepolisian menangkap dua orang terkait dugaan penyelundupan TKI ilegal ke Malaysia. Penangkapan keduanya merupakan pengembangan kasus tenggelamnya kapal para TKI di perairan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau beberapa waktu lalu.

"Dua orang sudah ditahan dan diamankan di Polres Bengkalis," kata Kapolda Riau Irjen, Agung Setya Imam Effendi, Minggu (26/1/2020).

Dua orang yang diamankan polisi yakni seorang wanita berinisial MZ (39) dan JF (52) berjenis kelamin laki-laki yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis. Keduanya diduga sebagai penampung para TKI yang akan dibawa ke Malaysia melalui Selat Malaka.

"Keduanya diamankan di rumah masing masing. Kalau MZ diamankan di rumahnya, Sukarjo Mesim, Kecamatan Rupat. Sedangkan JF diamankan di Desa Sungai Cingam," ucap Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi bahwa dalam kapal yang tenggelam itu ada 20 orang yang terdiri dari dua orang tekong (pembawa TKI) dan 18 orang TKI ilegal. Mereka rencananya akan berkerja secara ilegal di negeri jiran tersebut.

"Untuk tekong sudah satu orang kita periksa yakni SY. Dia ini pernah ditahan karena kasus TKI ilegal sekira dua bulan yang lalu," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto.

Sekadar diketahui kapal pompong (kapal kayu) tersebut berangkat dari Pulau Rupat, Bengkalis dengan tujuan Malaysia pada 22 Januari 2020 malam. Dalam perjalanannya, kapal mengalami kebocoran dan akhirnya tenggelam. Upaya pencaharian masih terus dilakukan oleh Basarnas, TNI AL, Polri dan warga.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini