Kapal TKI Ilegal Tenggelam, Satu Keluarga Ditemukan Selamat

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Minggu 26 Januari 2020 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 340 2158636 kapal-tki-ilegal-tenggelam-satu-keluarga-ditemukan-selamat-mTVwIg04fX.JPG Tim SAR Basarnas Riau melakukan pencarian korban kapal pengangkut TKI ilegal yang tenggelam (Foto: Ist)

PEKANBARU - Operasi pencarian kapal pengangkut tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang tenggelam di perairan laut dekat perbatasan Indonesia-Malaysia akhirnya membuahkan hasil. Satu keluarga berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Para TKI yang ditemukan adalah Muhammad Nasir dan istrinya, Fatimah serta putra mereka Muhammad Nazir (11). Ketiganya merupakan warga Aceh.

"Tiga orang tersebut berhasil ditemukan dengan kondisi selamat oleh nelayan di Perairan Rupat Selatan," ungkap Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, Minggu (26/1/2020).

Dia menjelaskan, satu keluarga itu menyatakan keinginannya untuk langsung pulang ke kampung halaman. "Satu keluarga itu pulang ke Aceh," ucapnya.

Baca juga: Kapal Pengangkut TKI Ilegal ke Malaysia Tenggelam, 10 Orang Hilang

Selain satu keluarga, nelayan juga menemukan satu orang lainnya. Keterangan saksi, satu korban yang juga ditemukan selamat adalah tekong alias kapten kapal. "Tekong itu berinisial S masih kita buru," tukasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto meralat bahwa sebenarnya dalam kapal itu hanya ada 18 orang. Dua adalah tekong (kapten kapal) dan 16 adalah calon TKI yang hendak berangkat ke Malaysia.

Baca juga: Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam, 2 Penumpang Diamankan

"Berarti yang sudah ditemukan ada 15 orang, satu meninggal dunia. Sisa tiga orang lagi," timpalnya.

Sekadar diketahui kapal pompong (kapal kayu) tersebut berangkat dari Pulau Rupat, Bengkalis, Riau dengan tujuan Malaysia pada 22 Januari 2020 malam. Dalam perjalanannya, kapal mengalami kebocoran hingga akhirnya karam.

(put)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini