nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikendalikan Napi, Pengiriman 100 Kg Ganja Digagalkan BNN Banten

Rasyid Ridho , Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 11:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 04 340 2163027 dikendalikan-napi-pengiriman-100-kg-ganja-digagalkan-bnn-banten-POmQNikSjc.jpg BNNP Banten gagalkan pengiriman 100 kg ganja yang dikendalikan napi. (Foto : Rasyid Ridho)

SERANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten menggagalkan peredaran 100 kilogram ganja yang dikirim menggunakan jasa pengiriman barang. Ganja dikirim dari Aceh dengan tujuan Karawang, Jawa Barat.

Kepala BNNP Banten Brigjen Tantan Sulistyana mengatakan, terungkapnya peredaran narkoba setelah adanya laporan dari masyarakat akan ada pengiriman enam paket manisan buah pala yang di dalamnya berisi 100 kilogram (kg) ganja kering.

"Para tersangka mengirimkan barang (ganja) melalui jasa pengiriman sebanyak enam paket buah pala. Ternyata saat diperiksa di dalamnya ada narkotika jenis ganja 100 kg," kata Tantan kepada wartawan di Kota Serang, Selasa (4/2/2020).

Dari pengungkapan tersebut, petugas mengamankan lima pelaku yakni FB dan SY setelah mengambil paket dari kantor jasa pengiriman barang di daerah Pondok Aren, Kota Tangsel pada 28 Januari 2020.

Dari pengakuan kedua tersangka, ganja tersebut merupakan milik warga binaan di salah satu lapas di Jawa Barat inisial TI yang dipesan AN dan AZ yang juga warga binaan.

BNN Banten gagalkan pengiriman 10 kg ganja yang dikendalikan napi. (Foto : Rasyid Ridho)

"Kita sudah koordinasi dengan Dirjen Pas agar ketiga warga binaan itu yang semula ditahan di Lapas di Jawa barat untuk kita geser (dipindahkan) ke Lapas Serang guna mempermudah proses penyidikan," ujar Tantan.

Ia mengungkapkan, ganja kering sebanyak 100 kg itu rencananya diedarkan para pelaku di wilayah Jawa Barat. "Dari pengungkapan barang bukti ganja 100 kg dapat menyelamatkan empat juta generasi penerus bangsa," ujarnya.

Sebagai barang bukti, petugas mengamankan satu mobil, enam ponsel, satu kartu ATM, dua KTP, uang tunai Rp600 ribu, dan surat tanda terima barang dari jasa pengiriman.


Baca Juga : Polisi Sita 210 Paket Ganja Kering Siap Edar dari Seorang Bandar

Akibatnya, kelima tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2) jo pasal 111 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. "Ancaman hukumannya seumur hidup," tuturnya.


Baca Juga : Fraksi PKS Tegur Kadernya yang Usulkan Ekspor Ganja

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini