Pengusaha New York Andrew Yang Mundur dari Persaingan Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 18 2167191 pengusaha-new-york-andrew-yang-mundur-dari-persaingan-pilpres-as-2020-j5vqOHj3Cq.jpg Andrew Yang. (Foto: Reuters)

NEW HAMPSHIRE - Kandidat calon presiden dari Partai Demokrat, Andrew Yang, pada Selasa, 11 Februari 2020, mengumumkan mundur dari persaingan pemilihan presiden Amerika Serikan (AS) setelah hasil awal primary (pemilihan pendahuluan) di New Hampshire menunjukkan dia tidak mendapatkan dukungan yang cukup.

Mengomentari keputusannya untuk menyudahi kampanyenya, pengusaha asal New York itu mengatakan bahwa dia tidak ingin terus mengambil uang donasi dari para pendukungnya, saat mengetahui dia tidak akan bisa memberikan kemenangan.

BACA JUGA: Senator New York Mundur dari Pencalonan Presiden AS 2020

"Anda tahu saya orang matematika dan jelas malam ini dari angka-angka bahwa kita tidak akan memenangkan perlombaan ini. Saya bukan seseorang yang ingin menerima sumbangan dan dukungan dalam perlombaan yang tidak akan kita menangkan, dan malam ini saya mengumumkan saya menangguhkan kampanye saya untuk presiden," kata Yang sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (12/2/2020).

Melalui sebuah tweet, Yang juga menyatakan bangga atas kampanye yang telah dijalankannya, dan mengucapkan terima kasih pada semua pendukungnya.

BACA JUGA: Kandidat Presiden AS, Bernie Sanders Alami Serangan Jantung di Tengah Kampanye

Sebelumnya, Yang telah diprediksi hanya akan memperoleh 5% suara dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire, jauh di bawah 15% minimal yang dibutuhkan untuk menjadi delegasi.

Setelah mundur dari persaingan, Yang tidak secara terang-terangan mendukung salah satu kandidat lain, tetapi mengatakan bahwa dia akan mendukung siapa pun yang dinominasikan Partai Demokrat untuk menjadi Presiden AS selanjutnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini