nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Denda Menyetir Sambil Main HP di Perth Australia Naik Jadi Rp10 Juta

ABC News, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 13:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 18 2167272 denda-menyetir-sambil-main-hp-di-perth-australia-naik-jadi-rp10-juta-6YcqIP9Yp6.jpg Foto/Ed Poor/Wikimedia

PERTH – Pemerintah Kota Perth, Negara bagian Australia Barat menaikkan denda bagi pengendara mobil yang kedapatan menyetir sambil menggunakan ponsel (HP) menjadi AUD 1000 (sekira Rp 10 juta).

Aturan itu akan diberikan kepada pengendara yang kedapatan menulis SMS, menulis email, menggunakan media sosial, menonton video atau menggunakan internet. Aturan ini akan berlaku mulai 1 Juli 2020.

Denda baru ini naik lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya yaitu AUD400 (sekira Rp360) dan Australia Barat memberlakukan denda termahal atas pelanggaran serupa, sama seperti yang diberlakukan di negara bagian Queensland.

Di negara bagian Queensland, denda untuk tindakan serupa juga dinaikkan tahun lalu dari sebelumnya AUD400.

Baca juga: Jangan Minum Sambil Nyetir di Brisbane Australia, Melanggar Bisa Ditilang Rp1,7 Juta

Di Queensland, tindakan yang dilarang adalah memegang HP ketika berhenti di lampu merah, atau berbicara sambil memegang HP di dalam mobil sebagai pengendara.

Peningkatan denda dilakukan setelah tahun lalu di Australia Barat 31 orang meninggal dunia karena pengendara kehilangan konsentrasi mengemudi, termasuk penggunaan HP.

Selama tahun 2019, Kepolisian Australia Barat menangkap sekitar 12 ribu pengendara yang menggunakan HP ketika berada dalam mobil.

Menteri Urusan Kepolisian Australia Barat Michelle Roberts mengatakan denda lebih tinggi ini adalah untuk mengirim pesan ke para pengemudi yang sengaja terlibat dalam tindakan yang berbahaya.

"Saya ingin menyampaikan dengan jelas kepada para pengemudi yang menggunakan HP untuk membaca SMS atau email atau menelpon bahwa mereka melakukan tindakan yang berbahaya," katanya.

"Kami ingin mengubah budaya para pengemudi. Kita sudah melakukannya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol, juga soal penggunaan sabuk pengaman dan ngebut. Sekarang soal HP," lanjut Roberts.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini