nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbukti Indisipliner, Sejumlah ASN di Kudus Dipecat dan Turun Pangkat

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 512 2167271 terbukti-indisipliner-sejumlah-asn-di-kudus-dipecat-dan-turun-pangkat-zKPecRkT5c.jpg Ilustrasi ASN. (Foto: Dok Okezone)

KUDUS – Sebanyak empat aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diberi tindakan tegas karena terbukti tidak taat aturan atau indisipliner. Mereka dijatuhi hukuman sesuai kadar pelanggarannya, mulai sanksi pemecatan hingga penurunan pangkat.

Adapun surat keputusan hukuman kepada para ASN di Pemkab Kudus itu telah turun dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, pada Senin 3 Februari 2020.

Baca juga: Lima Langkah Menpan-RB Pangkas Jabatan Eselon III dan IV 

"Sudah diserahkan sekretaris daerah kepada bersangkutan pekan kemarin," ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Catur Widiyatno, Selasa 11 Februari 2020, seperti dikutip dari KRJogja.

ASN pertama yang dipecat yaitu AH. Ia tersangkut kasus jual-beli jabatan di lingkungan Pemkab Kudus.

Dia terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 26 Juli 2019. Kasusnya rampung digelar di Pengadilan Tipikor di Semarang dan telah divonis terbukti bersalah dengan hukuman 26 bulan penjara.

Lalu ASN kedua yang dipecat yakni WN, pegawai tata usaha (TU) di salah satu SMP negeri di Kudus. Pemecatan dilakukan karena dia terlibat kasus kriminal dan berujung mangkir kerja.

Baca juga: PKS Tolak Wacana Penambahan Libur PNS 

Sedangkan dua ASN yang dijatuhi sanksi penurunan pangkat yaitu dari rumah sakit umum daerah (RSUD) dan pegawai salah satu puskesmas. Mereka diberikan sanksi berupa penurunan golongan pangkat.

"Aturan yang digariskan untuk seorang ASN harus dipatuhi, begitu melanggar risikonya terkena sanksi," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini