nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Sebut AS dan Taliban Mungkin Sepakati Perjanjian Damai Akhir Februari 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 14:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168420 trump-sebut-as-dan-taliban-mungkin-sepakati-perjanjian-damai-akhir-februari-2020-fBTSifXp0L.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa menurutnya ada "peluang bagus" terjadinya kesepakatan antara Washington dengan kelompok Taliban terkait penarikan pasukan AS pada akhir bulan ini.

Komentar Trump itu adalah indikasi terbaru mengenai adanya kemajuan signifikan dalam negosiasi yang telah dilakukan kedua belah pihak sejak pertemuan Desember 2019 di Qatar.

BACA JUGA: Presiden Afghanistan: Pembicaraan Taliban-AS Alami Kemajuan

"Saya pikir kita sudah sangat dekat," kata Trump dalam siaran podcast di Radio iHeart menjawab pertanyaan mengenai apakah ada kesepakatan tentatif yang telah tercapai. "Saya pikir ada peluang bagus bahwa kita akan sepakat... Kita akan tahu selama dua pekan ke depan," tambahnya sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (14/2/2020).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan pembicaraan dengan Taliban telah mencapai "terobosan yang cukup penting". Sementara Menteri Pertahanan Mark Esper mengungkapkan bahwa kedua pihak telah menegosiasikan usulan pengurangan kekerasan selama tujuh hari.

BACA JUGA: AS Tuntut Ini ke Taliban Sebelum Sepakat Berdamai

Beberapa sumber mengatakan kepada Reuters bahwa kesepakatan damai AS-Taliban dapat ditandatangani bulan ini. Langkah itu akan membuka jalan bagi penarikan sekitar 13.000 AS dan ribuan personel NATO lain dari Afghanistan, 18 tahun sejak invasi AS menyusul serangan 11 September yang didalangi Al Qaeda.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini