nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jatim Siap Ganti Rugi Kerusakan Akibat Bentrok Aremania Vs Bonek

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 09:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 519 2170674 pemprov-jatim-siap-ganti-rugi-kerusakan-akibat-bentrok-aremania-vs-bonek-tkb43zTctj.jpg Motor dibakar saat bentrok Aremania vs Bonek di Kota Blitar. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

SURABAYA – Pascakerusuhan suporter sepakbola antara Aremania dan Bonek di luar Stadion Soepriyadi, Kota Blitar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, menyatakan akan mengganti rugi kerusakan.

Melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Timur Heru Tjahyono, Pemprov Jatim menyesalkan adanya insiden bentrokan antarsuporter kedua kesebelasan, yang menyebabkan adanya kerusakan dari kendaraan bermotor milik warga.

"Kami sangat sesalkan insiden kerusuhan yang terjadi. Kami juga sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada aparat keamanan, yang cepat dan sigap bertindak sehingga bentrokan dapat segera diatasi," ucap Heru Tjahyono kepada awak media, Selasa malam (18/2/2020).

Suasana bentrok Aremani vs Bonek di Kota Blitar, Jawa Timur. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

Ia mewakili Pemprov Jatim juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kota Blitar atas insiden yang terjadi dan berjanji akan mengganti kerugian material bilamana ada.

"Jika ada kerusakan berupa tanaman, sawah, kebun, serta warung yang mungkin belum sempat terbayar, kami dari Pemprov telah menugaskan Kesbangpol untuk menyelesaikan. Kami akan mengevaluasi untuk ke depannya," tuturnya.

Pihaknya juga mengaku siap ganti rugi bilamana ada kendaraan bermotor warga yang rusak akibat kerusuhan tersebut. Namun mekanisme penggantiannya akan terlebih dahulu dirapatkan bersama pihak kepolisian.

Polisi berjaga mengamankan laga Arema vs Persebaya di Kota Blitar. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

"Kami akan rapatkan kembali terkait itu (ganti rugi kerusakan sepeda motor-red). Kami bahas dan bertemu dengan Polda Jatim dulu," tuturnya.

Sebagai informasi, bentrokan antar Aremania dan Bonek pecah saat kedua kelompok suporter yang memiliki rivalitas tinggi ini bertemu di kawasan jalan protokol di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, pada Selasa sore 18 Februari 2020 kemarin.


Baca Juga : Polisi Bantah Kabar Ada Korban Jiwa saat Kerusuhan Aremania Vs Bonek

Akibatnya, tujuh sepeda motor hangus dibakar oknum suporter yang mengenakan atribut Bonek, sedangkan dua orang dari Bonek juga dilaporkan mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.


Baca Juga : Khofifah Prihatin Kerusuhan Bonek Vs Aremania di Blitar

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini