nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badai Menerjang Pontianak, Pohon Bertumbangan & Belasan Rumah Rusak

Ade Putra, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 340 2172290 badai-menerjang-pontianak-pohon-bertumbangan-belasan-rumah-rusak-blBgT5h0id.jpg Pohon bertumbangan setelah badai menerjang Pontianak (Foto : Okezone.com/Ade)

PONTIANAK - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (21/2/2020) sore. Akibatnya, sejumlah rumah yang berada di tepian Sungai Kapuas roboh.

Informasi yang diperoleh Okezone, angin kencang mulai menerjang sekitar pukul 16.10 WIB. Di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur dilaporkan ada sebelas rumah yang rusak akibat cuaca ekstrem ini.

Pohon bertumbangan setelah badai menerjang Pontianak (Foto : Okezone.com/Ade)

Lurah Banjar Serasan, Dwi Suryanti mengatakan, data sementara ada sebelas rumah yang terdampak cuaca buruk ini. "Laporan rumah yang terkana angin puting beliung, ada sebelas rumah. Satu rumah belum sempat dihuni," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah relawan juga sudah melakukan assessment lokasi. Data yang dihimpun mereka, ada tiga rumah yang rusak dengan tingkat mencapai seratus persen. Selebihnya sekitar 75 persen.

"Juga ada beberapa rumah yang atapnya terbang. Diperlukan assessment yang lebih meluas agar warga yang terdampak bisa terdata," kata salah satu relawan Bobi Gunawan.

Tak hanya itu, puluhan kendaraan di beberapa lokasi parkiran tertimpa pohon yang bertumbangan. Papan reklame di depan Kantor Taspen dan di Jalan Ahmad Yani 1, juga tumbang.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial ke 20.890 KK di Riau

"Untuk kecepatan angin sepertinya sangat tinggi. Tapi, untuk angin puting beliung kami belum dapat informasi dari BPBD ataupun masyarakat," ujar Forecaster BMKG Supadio Pontianak, Sutikno.

Menurut dia, analisis sementara BMKG Supadio Pontianak, Kalbar sempat didera hujan lebat, petir dan angin kencang. Cakupan wilayahnya mendera beberapa kabupaten dan kecamatan. Mulai dari semua wilayah Kota Pontianak, sebagian Kabupaten Kubu Raya (Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Kuala Mandor B, dan Kecamatan Sungai Ambawang) dan sekitarnya.

Berdasarkan pengamatan BMKG Supadio, kata Sutikno, hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir/guntur beserta angin kencang berdurasi singkat masih berpotensi terjadi pada pukul 19.00 WIB. Seberan wilayahnya berada di beberapa kabupaten.

Kondisi cuaca itu diprediksi akan terjadi di wilayah Kabupaten Melawi (Menukung), Kabupaten Sintang (Kayan Hulu, Ambalau, Ketungau Hulu), Kabupaten Kapuas Hulu (Bunut Hulu, Mentebah, Boyan Tanjung, Kalis), Kabupaten Sanggau (Jangkang, Toba), Kabupaten Landak (Sebangki, Mandor, Menjalin), Kabupaten Mempawah (Siantan).

"Diprediksi juga dapat meluas ke wilayah Bengkayang yakni Lumar, Tujuh Belas dan ke Kayong Utara yakni Pulau Maya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini