nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Mogok, Pembunuhan di Negara Bagian Brasil Naik Lima Kali Lipat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 13:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 18 2173784 polisi-mogok-pembunuhan-di-negara-bagian-brasil-naik-lima-kali-lipat-uuWR1us4bS.jpg Foto: BBC.

FORTALEZA - Pihak berwenang di Brasil mengatakan 147 orang telah terbunuh di Negara Bagian Ceará, dalam lima hari pertama sejak pemogokan polisi militer. Tingkat pembunuhan itu lima kali lebih tinggi dari biasanya, meskipun pasukan ditempatkan untuk berpatroli di jalan-jalan.

Kekerasan telah menyebabkan pembatalan perayaan karnaval di beberapa kota pada puncak masa liburan musim panas, demikian diwartakan BBC, Selasa (25/2/2020).

BACA JUGA: Mengerikan! Polisi Mogok, Geng Kriminal Kuasai dan Obrak-abrik Kota

Polisi militer Brasil memulai pemogokan mereka pada 19 Februari 2020, menuntut kenaikan gaji.

Berdasarkan undang-undang Brasil, petugas polisi dilarang melakukan pemogokan, dan pekan lalu pengadilan di Ceará memutuskan bahwa mereka yang menentang larangan tersebut dapat menghadapi hukuman penjara.

Lebih dari 200 petugas polisi yang mogok telah diskors dalam beberapa hari terakhir.

Pada Senin, 24 Februari 2020, Menteri Pertahanan Fernando Azevedo e Silva dan Menteri Kehakiman Sergio Moro tiba di Ibu Kota Ceará, Fortaleza untuk memantau respons militer terhadap krisis penegakan hukum.

"Situasi sekarang terkendali," kata Moro.

BACA JUGA: Senator Brasil Tertembak Setelah Kendarai Buldoser ke Arah Demonstrasi Polisi

Pekan lalu, Senator Brasil Cid Gomes terluka setelah terkena tembakan selama bentrokan dengan polisi yang melakukan demonstrasi di Kota Sobral di Ceará.

Senator berusia 56 tahun itu sedang menggerakkan buldoser menuju pagar di mana di belakangnya sekelompok polisi militer yang mengenakan masker melakukan demonstrasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini