nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantuan Logistik Disalurkan untuk Korban Terdampak Banjir di Jabar

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 26 525 2174371 bantuan-logistik-disalurkan-untuk-korban-terdampak-banjir-di-jabar-MI80SsBCiz.jpeg Banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Foto : BNPB)

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan logistik ke sejumlah daerah terdampak banjir.

Dinsos Jabar mendistribusikan makanan siap saji, makanan anak, tenda gulung, selimut, kasur, tas sekolah, dan perlengkapan alat mandi, selain mendirikan dapur umum.

Kepala Dinsos Jabar Dodo Suhendar menyatakan, bantuan logistik itu disalurkan agar kebutuhan pokok masyarakat terdampak banjir bisa terpenuhi.

"Tim sudah kami kirim ke daerah-daerah yang tergenang banjir. Mereka akan berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mendata dan membuat daftar logistik yang dibutuhkan. Semua kebutuhan warga harus terpenuhi," kata Dodo, Rabu (26/2/2020).

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jabar, Hermansyah mengatakan, bantuan logistik merupakan salah satu upaya penanganan banjir.

Banjir Karawang. (Foto: iNews TV)

"BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Barat sudah menurunkan SDM (sumber daya manusia) dan peralatan untuk penanganan banjir, seperti perahu karet," kata Hermansyah.

"Pemantauan kejadian bencana banjir dilakukan 24 jam dalam 7 hari. Selain pemantauan, data-data terkait bencana banjir akan di-update setiap hari," tuturnya.


Baca Juga : Berikut Daerah yang Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Ia menerangkan, sejumlah upaya tersebut merupakan standar opersional prosedur (SOP) Pemprov Jabar dalam penanganan banjir.

"Soliditas sejumlah pihak, mulai dari pemda, BPBD, TNI, Polri, dan organisasi kemanusiaan bisa membuat penanganan bencana banjir di Jabar kali ini berjalan cepat dan tepat," kata Hermansyah.


Baca Juga : Imbas Banjir, 721 Gardu Listrik di Jawa Barat Dipadamkan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini