nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Ekstrem di Kota Solo, BMKG: Waspada Banjir dan Longsor

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 11:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 512 2174850 cuaca-ekstrem-di-kota-solo-bmkg-waspada-banjir-dan-longsor-jhzXPk4mE3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SOLO – Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko mengatakan, Februari menjadi puncak musim penghujan hampir di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Hal itu terlihat dari hujan berdurasi lama dan lebat dalam beberapa hari terakhir di Kota Solo.

Iis Widya Harmoko mengatakan, pihaknyya memprediksi cuaca cenderung ekstrem di Kota Solo hingga Kamis (27/2/2020). Hujan lebat dengan durasi bervariasi itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pertemuan udara berbeda sifat dari belahan bumi utara dan selatan. Lalu, juga terjadi pertumbuhan pola siklonik di Samudera Hindia dekat perairan Indonesia.

“Kami masih memantau perkembangan dinamika atmosfer potensi pertumbuhan awan. Dengan kondisi cuaca seperti ini, kami mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir, dan tanah longsor,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dangan BPBD Provinsi dan BMKG Jateng terkait prediksi cuaca beberapa hari ke depan.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Menurutnya, prediksi cuaca BMKG patut diwaspadai dengan menjaga kebersihan saluran air, agar tidak menimbulkan genangan hingga banjir.

Ia mengimbau ketika hujan lebat, masyarakat tidak berteduh di bawah pohon besar. Masyarakat dapat melaporkan jika menemukan pohon yang rawan tumbang ke BPBD, agar ditindaklanjuti ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sebagai upaya pencegahan pohon tumbang.

Kepala DLH Solo, Gatot Sutanto, menyebutkan hingga saat ini petugas DLH Solo terus merapikan pohon-pohon di beberapa ruas jalan. Hal itu untuk meminimalisasi potensi pohon tumbang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini