Mahathir Klaim Dapat Suara Mayoritas Anggota Parlemen Jadi PM Malaysia

Rachmat Fazhry, Okezone · Minggu 01 Maret 2020 00:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 18 2176278 mahathir-klaim-dapat-suara-mayoritas-anggota-parlemen-jadi-pm-malaysia-rkeEFsY2iz.jpg Mahathir Mohamad. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR - Mahathir Mohamad merilis daftar 114 anggota parlemen yang mendukungnya untuk diangkat sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Mahathir mengatakan dia telah menyiapkan surat untuk menjelaskan posisinya kepada Raya Malaysia Yang Dipertuan Agong.

Menurut Free Malaysia Today, syarat menjadi PM Malaysia yakni mendapatkan suara 112 dari 222 anggota Parlemen.

"Saya harap Raja akan menerima surat dan penjelasan saya," kata Mahathir mengutip Free Malaysia Today, Sabtu (29/2/2020).

Istana Negara sebelumnya mengumumkan bahwa Muhyiddin Yassin ditunjuk oleh Yang Dipertuan Agong untuk menjadi perdana menteri Malaysia ke-8, menggantikan Mahathir yang menjabat PM Malaysia sementara.

"Angka yang dia (Muhyiddin) perlihatkan kepada Raja tidak benar," ujar Mahathir dalam sebuah pernyatan yang diunggah ke Twitter.

Sebanyak 114 anggota Parlemen yang mendukung Mahathir akan berkumpul di Yayasan Albukhary untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki jumlah sebenarnya.

Sementara itu Wakil presiden Partai Amanah Negara, Datuk Seri Salahuddin Ayub mengatakan 111 anggota Parlemen telah menandatangani deklarasi berdasarkan undang-undang sementara tiga lainnya telah menyetujui secara lisan.

"Jadi kita memiliki 114. Kami akan mendeklarasikan angka-angka kami dengan cara damai dan mengatakan bahwa angka yang dinyatakan sebelumnya itu menyesatkan," katanya menambahkan bahwa kelompok itu tidak berniat menghentikan upacara pengambilan sumpah Tan Sri Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri kedelapan pada Minggu 30 Februari.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini