nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kajari Bandung Akui Tahanan Wanita yang Kabur Tidak Diborgol

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 17:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 02 525 2176934 -MjLgfcgvfh.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BANDUNG - Tahanan wanita yang melarikan diri saat hendak sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung ternyata tidak diborgol. Bahkan, tidak menggunakan rompi tahanan. 

"Memang tidak diborgol," kata Kepala Kejari (Kajari) Bandung, Nurizal Nurdin di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Senin (2/3/2020).

Nurizal beralasan, saat itu terdapat dua anak yang juga menjadi tahanan yang akan disidangkan. Sehingga, tahanan wanita lainnya termasuk yang kabur tidak diborgol.

"Psikologisnya kan gimana yah kalau ada anak-anak," kata Nurizal.

Sementara tahanan wanita itu tidak menggunakan rompi tahanan, kata Nurizal, karena saat kejadian rompi tahanan berada di kendaraan tahanan pria. "Karena (rompi) ada mobil tahanan laki-laki. Jadi enggak (tidak pakai rompi)," kata dia.

Baca Juga: Polisi Buru Tahanan Wanita di Bandung yang Kabur Jelang Sidang

Ia mengaku akan melakukan evaluasi dalam proses pengawalan terhadap setiap tahanan. "Tapi ini jadi pembelajaran lah yah. Ke depannya, pasti kita akan perketat, itu pasti," katanya.

Sejauh ini, Nurizal belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut, soal keberadaan Serli. Namun, ia tengah mengupayakan pengejaran terhadap Serli.

"Kita sudah menyebar semuanya, kita masih telusuri. Yang pasti kita upayakan itu kita pun ingin segera disidangkan dan tertangkap lagi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, seorang tahanan bernama Serli Herawati, melarikan diri saat hendak sidang di PN Bandung, beberapa waktu lalu.

Kasie Pidana Umum Kejari Bandung Guntur Wibowo menuturkan, kronologi kaburnya tahanan kawalan Kejaksaan itu, saat petugas Kejaksaan, melakukan pengawalan tahanan dengan membawa 16 tahanan perempuan dan dua tahanan anak dari dalam mobil, menggunakan kendaraan mobil tahanan.

Ilustrasi Foto: Ist

Sesampainya di pengadilan, para tahanan di giring ke dalam Gedung PN Bandung melalui pintu yang biasa digunakan keluar masuk tahanan ke arah lorong ruang sidang 5 dan 6 yang kondisinya saat itu pengunjung sidang sudah banyak.

"Tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, tahanan yang kabur atas nama Serli Herawati, memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung sidang," kata Guntur, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat 28 Februari 2020.

Saat petugas melakukan pengecekan tahanan diketahui terdapat kekurangan satu orang tahanan perempuan. Saat itu juga semua petugas pengawal tahanan bergerak menyisir dan mencari yang bersangkutan.

"Namun, karena jumlah pengunjung sidang hari itu cukup banyak sehingga menyulitkan pencarian," katanya.

Sampai saat ini pihaknya sedang berupaya mencari dan melacak keberadaan tahanan tersebut serta melakukan kordinasi dengan instansi terkait.

"Kami berharap untuk segera menyerahkan diri, serta apabila ada masyarakat yang mengetahui keberadaan yang bersangkutan agar sesegera mungkin melaporkannya kepada kami atau kepada pihak kepolisian yang terdekat," tuturnya.

Baca Juga: Tahanan Wanita di Bandung Kabur saat Akan Disidang

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini