Warga Lereng Gunung Merapi Tetap Tenang ketika Terjadi Erupsi

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 03 Maret 2020 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 512 2177231 warga-lereng-gunung-merapi-tetap-tenang-ketika-terjadi-erupsi-0VeSDbRC86.jpg Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Selasa pagi ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Warga lereng Gunung Merapi dilaporkan tetap tenang dan tangguh ketika terjadi erupsi. Hal itu sebagaimana terlihat di kawasan Deles, sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekira 25 kilometer dari pusat Kota Klaten, Jawa Tengah.

Masyarakat di sana memilih berada di luar rumah dan menyaksikan langsung terjadinya erupsi Gunung Merapi pada Selasa pagi ini. Kalangan tua dan muda berkumpul bersama.

Baca juga: Mengalami Erupsi, Gunung Merapi Tetap Berstatus Waspada 

"Potret ketangguhan warga Merapi," tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitter-nya, Selasa (3/3/2020).

Erupsi Gunung Merapi dilaporkan terjadi sekira pukul 05.22 WIB tadi. Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter dan durasi 450 detik.

Teramati tinggi kolom erupsi mencapai 6.000 meter dari puncak. Sementara awan panas guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer.

Arah angin saat erupsi ke utara. Status Gunung Merapi tetap Waspada atau Level II.

Baca juga: Tinggi Letusan Merapi 6 Km, Belum Ada Laporan Dampak terhadap Masyarakat 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini