Kapal Pesiar Bawa 1.044 Turis Asing Berlabuh di Semarang

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 512 2182695 kapal-pesiar-bawa-1-044-turis-asing-berlabuh-di-semarang-USkiR1MuFw.jpg MV Columbus. (Foto: Okezone.com/Taufik Budi)

SEMARANG - Kapal pesiar MV Columbus yang membawa 1.044 turis asing berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah. Tampak sejumlah petugas kesehatan dan pelabuhan bersiaga di dermaga untuk melakukan penyambutan.

Kapal mewah berukuran besar itu bersandar, Jumat (13/3/2020) pukul 11.30 WIB, setelah didorong olah kapal tunda ke dermaga. Sejumlah petugas sibuk mengikatkan tali perahu di dermaga, agar kapal pesiar berbendera asing itu tak terbawa gelombang.

Berdasarkan informasi, turis asing itu akan mengunjungi sejumlah objek wisata, di antaranya Candi Borobudur Magelang, Kota Semarang, Museum Kereta Api, serta Perkebunan Kopi Ambarawa.

Baca juga: Wabah Covid-19, Pemerintah Malaysia Berencana Tiadakan Salat Jumat

Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi dari pihak berwenang mengenai kapal pesiar yang bersandar. Sebelumnya pada 5 Maret, kapal pesiar Viking Sun yang membawa 848 turis asing ditolak bersandar oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

"Ternyata histori perjalanan kapal ini pernah ke Australia, di mana Australia termasuk negara yang saat ini juga terjangkit virus korona (Covid-19). Maka untuk kenyamanan warga Semarang dan kami ingin menjaga supaya warga Semarang ini terlindungi,” ungkap Hendrar Prihadi waktu itu.

“Kami putuskan dari sebuah forum rapat itu dengan para stakeholder Kota Semarang, kami menolak kapal Viking Sun untuk bersandar di Kota Semarang,” tegasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini