Share

Diculik Dua Tahun Lalu, Warga Italia-Kanada Ditemukan Selamat di Mali

Medikantyo, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 18 2184281 diculik-dua-tahun-lalu-warga-italia-kanada-ditemukan-selamat-di-mali-pJccttC3YA.jpg Warga Kanada dan Italia yang jadi korban penculikan di Italia (Foto: Twitter)

BAMAKO - Pasukan misi perdamaian PBB menerima dua orang yang diculik di Burkina Faso pada Desember 2018.

Keduanya adalah seorang laki-laki berkebangsaan Italia dan perempuan asal Kanada. Mereka diserahkan kepada pasukan perdamaian PBB di kawasan dekat Kidal, Mali.

Luca Tacchetto dan Edith Blais, nama masing-masing korban penculikan itu, disebut dalam keadaan stabil ketika diamankan oleh pasukan keamanan PBB. Setelah menjalani proses pemulihan, keduanya akan dipulangkan melalui Ibu Kota Mali, Bamako, pada Sabtu 21 Maret.

"Keduanya menjadi tawanan sejak 2018 di wilayah Burkina Faso, pasukan helm biru (PBB) berhasil menyelamatkan serta melakukan perlindungan terhadap keduanya sampai saat ini," kata juru bicara misi perdamaian PBB di Mali, seperti dilansir dari laman France24.

Nasib nahas Tacchetto dan Blais berawal dari perjalanan menuju Togo melalui Burkina Faso, dua tahun lalu, untuk melakukan misi kemanusiaan di wilayah setempat.

Keluarga kedua korban lantas melaporkan kehilangan kontak, saat Tachhetto dan Blais melakukan perjalanan menggunakan mobil menuju Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso.

Kasus penculikan warga asing oleh kelompok bersenjata tak dikenal kerap terjadi di Burkina Faso. Sebelumnya kasus penculikan mengambil korban asal Australia serta warga negara Romania yang sampai saat ini belum diketahui nasib dan keberadaannya oleh otoritas keamanan setempat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini