Baku Tembak dengan TNI-Polri di Mimika Papua, 4 Anggota KKB Tewas

Saldi Hermanto, Okezone · Senin 16 Maret 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 340 2184102 baku-tembak-dengan-tni-polri-di-mimika-papua-4-anggota-kkb-tewas-StlMbqO1As.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

TIMIKA – Aparat gabungan TNI-Polri terlibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kali Bua, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, pada Sabtu (14/3/2020) dan Minggu (15/3/2020). Dalam kontak tembak tersebut, empat anggota KKB tewas.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, kontak tembak yang terjadi dua hari itu menewaskan empat anggota KKB. Selain itu, pihaknya menyita 3 senjata api serta senjata tajam lainnya.

"Akibat kontak tembak tersebut 4 orang anggota KKB tewas dan berhasil mengamankan 3 pucuk senjata laras panjang serta beberapa senjata tajam milik KKB," kata Kabid Humas Polda Papua dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone di Timika, Senin (16/3/2020).

Senjata laras panjang yang berhasil diamankan tersebut, kata Kamal, merupakan hasil rampasan anggota KKB di Polsek Pirime pada 2012 dan di Pos Kurilik Puncak Jaya pada 2014.

Mereka yang tewas dalam kontak tembak teridentifikasi bernama Pentium Muda Waker (45), Moni Waker (30), Lani Magai (30), dan Lera Magai (28) yang merupakan seorang perempuan.

Ilustrasi (ist)

Sementara tiga pucuk senjata api laras panjang yang disita adalah senjata AR 15 yang merupakan hasil rampasan KKB pada 27 November 2012 saat penyerangan ke Polsek Pirime; AK 47, yang dirampas KKB pada 4 Januari 2014 saat kasus penyerangan Pos Kulirik, Puncak Jaya; serta satu senjata Thompson yang belum berhasil diidentifikasi asal-usulnya.

Selain itu, pihaknya menyita tajam berupa tiga busur panah, lima anak panah, dan satu kampak.

Ahmad Musthofa Kamal menegaskan, anggota Polri akan terus menegakkan hukum terhadap anggota KKB yang aksinya dinilai sudah meresahkan warga.


Baca Juga : Kapolda Papua: Tindakan KKB Meneror Masyarakat Bentuk Premanisme

"Pascakejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif," ujarnya.

Atas keberhasilan ini, kata Kamal, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengapresiasi personelnya yang berhasil melumpuhkan anggota KKB dan menyita senjata api serta senjata tajam.


Baca Juga : Prajurit TNI Penjual Amunisi ke KKSB Divonis Penjara Seumur Hidup

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini