Malaysia Lockdown, 1.498 TKI Dipulangkan ke Bengkalis

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 10 April 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 340 2197120 malaysia-lockdown-1-498-tki-dipulangkan-ke-bengkalis-ge62FgI74y.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

PEKANBARU - Ribuan tenaga kerja asal Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia dipulangkan ke Kabupaten Bengkalis, Riau. Total sebanyak 1.498 TKI yang dipulangkan imbas lockdown yang diberlakukan pemerintah negeri jiran itu.

Pemulangan ribuan TKI ini dilakukan melalui pelabuhan domestik Bandar Sri Laksamana (BSL), Kabupaten Bengkalis.

"Sejak 23 Maret sampai 9 April total sudah 1.498 TKI pulang dari Malaysia. Kemarin ada 24 TKI lagi (tiba) di Bengkalis," kata Kadis Infokom Provinsi Riau, Chairul Riski kepada Okezone, Jumat (10/4/2020).

Puluhan TKI itu datang menggunakan Kapal MV Batam Zet 2 dan Kapal MV Dumai Line 3. Sebelum ke Bengkalis, dari Malaysia mereka singgah di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sebelum dipulangkan ke rumah masing masing, mereka terlebih dahulu melakukan serangkaian pemeriksaan oleh petugas medis. Mereka diperiksa apakah memiliki gejala mirip corona atau tidak.

"Hasil pemeriksaan kesehatan menyatakan 24 orang TKI dari Malaysia asal Kabupaten Bengkalis dinyatakan sehat," imbuh Riski.

Kepada TKI yang baru pulang dari daerah pandemi corona diminta untuk mematuhi aturan dan imbauan pemerintah. Para TKI harus melakukan isolasi atau karantina mandiri, physical distancing, tetap berada di rumah, konsisten jaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti membiasakan diri rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Ini semua untuk kebaikan keluarga di rumah serta masyarakat sekitar lingkungan mereka," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini