11 Orang Diduga Dalang Kerusuhan di Lapas Manado Diperiksa Intensif

Subhan Sabu, Okezone · Minggu 12 April 2020 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 340 2198028 11-orang-diduga-dalang-kerusuhan-di-lapas-manado-diperiksa-intensif-gTWg4WWfC2.JPG Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lumaksono (Foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

MANADO - Aktor di balik pengerusakan dan pembakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu 11April 2020 kemarin diduga berjumlah 11 orang.

"Sampai saat ini kita sedang mendalami otak kerusuhan yang berjumlah kurang lebih 11 orang, kita sedang dalami motifnya apa, sehingga mereka dapat melakukan gerakan seperti itu," kata Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lumaksono, Minggu (12/4/2020).

Kasus tersebut menurut dia, saat ini masih ditangani Polda Sulut bekerjasama dengan Ditjen Pemasyarakatan. Kesebelas orang warga binaan pemasyarakatan tersebut sebagian besar merupakan tahanan kasus narkoba.

Sementara itu, Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Tejo Harwanto berjanji pihaknya akan tetap menegakkan aturan. Bagi siapa saja yang bersalah kata dia, akan dikenakan sanksi.

"Siapa yang tidak bersalah ya tidak. Ada beberapa langkah yang akan kita laksanakan nanti," ujar Tejo.

Ilustrasi

Sanksi tersebut menurutnya ada sanksi yang dilanjutkan ke kepolisian dengan pidana karena telah merusak atau opsi sebatas sanksi tata tertib.

"Bisa kita pindahkan kalau memang susah diatur pindahkan ke lapas-lapas yang memiliki intervensi kuat untuk melakukan itu agar tidak terjadi lagi kerusuhan pembakaran di tempat-tempat lain," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini