Imbas Kerusuhan Lapas Manado, 1 Napi Meninggal dan Kalapas Diganti

Subhan Sabu, Okezone · Senin 13 April 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 340 2198580 imbas-kerusuhan-lapas-manado-1-napi-meninggal-dan-kalapas-diganti-Vv3KDHX8XV.jpg Kerusuhan di Lapas Tuminting, Manado (Okezone.com/Subhan)

MANADO – Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas (Lapas) Kelas II A Tuminting, Manado, Sulawesi Utara meninggal dunia pasca-kerusuhan serta pembakaran lapas tersebut. Sementara Sulistiyo Wibowo diganti dari Kepala Lapas Tuminting.

Pria yang akrab disapa Bay itu meninggal usai dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado. Bay diduga syok berat saat terjadi kerusuhan di Lapas Manado, pada Sabtu 11 April 2020.

 Baca juga: 3 Bangunan Lapas Manado Rusak Parah Pasca-Kerusuhan

Dia penghuni blok B, area yang tidak terdampak kebakaran saat para napi mengamuk. Lalu dia dilarikan ke RSUP Kandouw karena sesak napas, sebelum meninggal.

Bay sempat disebut-sebut sebagai warga Filipina, namun Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara, Edy Hardoyo menyangkalnya. Menurut dia, korban merupakan warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut.

"Tapi informasi sementara dari Konjen Filipina, bukan warga negara Filipina," ujar Edy Hardoyo kepada Okezone di Kanwil Kemenkumham Sulut, Senin (13/4/2020).

 Lapas Manado

Pasca-kerusuhan di Lapas Tuminting, Manado (Okezone.com/Subhan)

Edy mengatakan warga binaan itu meninggal bukan karena virus corona, melainkan karena sesak nafas diduga akibat syok saat polisi merangsek masuk ke dalam Lapas Manado untuk menenangkan massa yang anarkis saat kerusuhan.

"Waktu dilakukan tindakan oleh aparat, dia itu mengalami syok berat, bahkan waktu itu diukur tensinya sampai 190 derajat celcius, informasi dari lapas dan mengalami sesak napas, akhirnya dibawa ke rumah sakit kemudian meninggal," ujar Edy.

Untuk kepastiannya, kata Edy, tunggu hasil autopsi terhadap jasad dia yang akan keluar diperkirakan 14 hari lagi.

Kalapas Diganti

Sementara itu, Kanwil Kemenkumham mencopot sementara Sulistiyo Wibowo dari Kepala Lapas Tuminting pasca-kerusuhan. Posisinya sementara diambil alih oleh Edy Hardoyo, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut.

"Saya masih mengambil alih sementara," ujar Edy.

Menurutnya ada tuntutan dari para warga binaan agar Sulistiyo Wibowo diganti dari Kalapas. Namun, lanjut Edy, pihaknya akan menyelidiki dulu.

"Kita lagi mau turun tim ini, kalau memang disinyalir itu betul bahwa Kalapas itu tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik ya apa boleh buat, kita kan transparan, yang mana yang terbaik kita pertahankan tapi kalau memang disinyalir Kalapas kurang bisa menjalankan tugasnya dengan baik ya kita sampaikan kepada pimpinan tertinggi," sebut Edy.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Lumaksono mengatakan diganti sementara. “Tunggu saja kabarnya nanti satu atau dua hari."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini